SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Pinjam Modal Usaha dari Bank Konvensional


Ikhwan
8 years ago

Assaalamu'alaikum Warahmatullah,
Ustad bagaimana hukumnya hasil usaha/jual-beli (halal) yang modalnya didapat dari pinjaman Bank (Konvensional),
Apakah hasil usaha/jual-belinya ynag dilakukan secara tunai juga dianggap hasil riba karena modalnya dari pinjaman Bank Konvensional ?
Mohon fatwanya mengenai hal ini

Jazakallah Khoiron
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Hutang riba yang diambil dari bank adalah sah menjadi milik orang yang berhutang, namun ia berdosa, sebab, ia telah bermuamalah dengan riba. lih. http://www.islamqa.info/ar/ref/110208

Apabila uang hasil hutang itu sah menjadi milik orang yang berhutang maka boleh baginya membelanjakan uang tersebut sesuai dengan yang ia kehendaki. Oleh karena itu, modal usaha yang berasal dari riba tidak mempengaruhi hasil usaha, selama usahanya tidak keluar dari koridor syariat. Meski demikian orang yang berhutang telah berdosa kepada Allah ta'ala dengan perbuatan riba yang ia kerjakan.

Ada orang yang bertanya kepada Komite Tetap Fatwa dan Riset Ilmiah di Arab Saudi tentang rumah yang ia bangun dari hasil meminjam ke bank. Ia sebelumnya tidak faham bahwa proses transaksi yang terjadi adalah proses Riba:

Jawaban Komite Fatwa:
Apabila kenyataannya sebagaimana yang Anda sebutkan maka hutang dengan bentuk seperti itu diharamkan karena itu adalah riba. Anda wajib untuk bertaubat dan beristighfar dari hal itu, Anda juga wajib untuk menyesali perbuatan tersebut dan berazam untuk tidak mengulangi perbuatan seperti itu. Adapun rumah yang telah Anda bangun maka janganlah merobohkannya, akan tetapi manfaatkanlah dengan meninggalinya atau yang lain. Semoga Allah mengampuni kelalaian Anda. Ahmad bin Abdurrazzaq Ad-Duwaisy, Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah juz 13, Riasah Idarah Al-Buhuts Al-Ilmiah Wa Al-Ifta', Riyadh, Hal. 354

Harap diperhatikan, bahwa fatwa ini tidak berarti membolehkan berhutang dengan cara riba atau mempermudah urusan riba. Riba termasuk dalam dosa besar yang harus dihindari oleh kaum muslimin.

وصلى الله على نبينا محمد وعلي آله وصحبه وسلم

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com