SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Setiap hari pulang pergi Jakarta-Bogor, apakah itu termasuk safar?


Ikhwan (Cirebon)
7 years ago

Pak ustadz... Ana mau tanya, untuk org yg safar di sunnah khan sholat dng di qodho. Nah kalau org yg tinggal di bogor sementara kerja di jkt, dimana jarak itu di tempuh tiap hari, apakah posisinya org itu dlm keadaan safar ketika di jkt ?
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago

Pernyataan yang tepat sepengetahuan kami adalah orang yang melakukan safar disunnahkan untuk mengqoshor sholat dan bukannya mengqodho' shalat.

Apabila masyarakat setempat menganggap bahwa perjalanan Bogor-Jakarta adalah termasuk safar maka pegawai yang setiap hari bolak-balik melakukan perjalanan Bogor-Jakarta berhak mendapatkan keringanan-keringanan yang Allah syariatkan untuk orang yang bersafar meski perjalanan tersebut dilakukan setiap hari.

Sebaliknya, apabila jarak tempuh Bogor-Jakarta tidak dianggap safar oleh masyarakat setempat maka orang yang bepergian dari Bogor ke Jakarta tidak berhak mendapatkan Rukhsoh safar.

Pendapat yang menyerahkan penentuan jarak safar kepada masyarakat adalah pendapat syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, hujjahnya adalah: Allah ta'ala dan Rasulnya shallallahu alaihi wa sallam tidak menentukan jarak safar tertentu (seperti dalam Burd atau kilometer) untuk dibolehkannya Qashar shalat, sehingga pendapat yang kuat adalah menyerahkannya kepada kepada kebiasaan masyarakat. Lih. Al-Fatawa al-Kubro, Ibnu Taimiyyah 2/340 Dar al-Kutub al-Ilmiyah cet. Pertama th. 1408 H

Apabila ada perbedaan pandangan masyarakat dalam menghukumi safar jarak tertentu maka boleh mengambil pendapat ulama' yang membatasi safar yang boleh Qashar dengan jarak tertentu, seperti safar dalam jarak 80 KM.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com