SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Fatwa Ulama Mesir tentang Bolehnya Mengucapkan Natal


Ikhwan
7 years ago

Ust yg saya Hormati,
Ketika saya menegur Teman saya yg merupakn salah satu kader Partai Islam di Indonesia,yang membolehkan mengucapkan Natal pd orng Kristen. Dia kemudian berkata bahwa ini merupakan Fatwa Ulama di Mesir.
Ketika saya katakan jgn bertaklid dgn satu ulama,maka dia menjawab : bahwa ulama2 mesir itu lebih tau keadaan umat islam yg ada di Eropa, Amerika dan Asia.Sedangkan ulama2 Madina dan Lajna'daima mereka tdk mengetahui kondisi umat muslim yg berada di negara2 tsb.
Pertanyaan saya :
1. Benarkah yg dikatakan teman saya ini ?? bahwa Ulama2 Mesir lebih menetahui kondisi umat Islam di Dunia ??
2. Benarkah ulama2 Mesir mengeluarkn Perkataan seperti ini??
Redaksi SalamDakwah
7 years ago

1. apa yang dikatakan teman anda ini tidak lebih hanya bualan dari orang yang fanatik. secara logika tidak masuk akal kalau dikatakan ulama' Mesir lebih tahu kondisi ummat dari SEMUA ULAMA' DI DUNIA ISLAM, dan SEMUA fatwa-fatwa ulama' selain Mesir mengenai ummat tidak dianggap kalau menyelisihi fatwa ulama’ mesir karena ulama' mesir yang lebih tahu. Dari perkatannya teman anda tidak tahu ilmu syar’I yang mengatakan bahwa di ummat ini hanya Rasul shallallahu alaihi wa sallam yang ma’shum dari kesalahan. Jadi yang benar bisa saja mereka salah n bisa saja yang lain lebih tahu dalam masalah-masalah tertentu.
Perkataan yang kuat adalah yang bersandar pada dalil dari Qur’an atau Sunnah dengan pemahaman sahabat bukan dengan logika kosong. Pendapat yang mengharamkan memberi selamat saat Natal lebih dekat kepada dalil

2. yang saya tahu memang ada fatwa dari salah satu ulama' yang dulu tinggal di mesir yang memfatwakan seperti itu yaitu Dr.Yusuf Qardhawi
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com