SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Pinjam uang riba saat keadaan mendesak


Ikhwan (palembang)
8 years ago

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَتُهُ .
Saya ingin menanyakan ttg hadist yg menyatakan "semua unsur yg terlibat dlm riba adl haram trmasuk sang peminjam". Apakah tdk ada pengecualian seperti kndisi sngat mendesak, karena sy pernah mengalami pnjam uang di rentenir saat sy merasa tdk pnya pilihan lain.
Mhn penjelasannya Ustadz. Syukron.
Wassalamu'alaikum. Wr. Wb.
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Ada beberapa point yang perlu diperhatikan berkenaan dengan pertanyaan yang diajukan:

1. Pendorong untuk bermuamalah dengan riba adalah keadaan darurat, bukan keperluan atau kepentingan yang bisa ia hindari. Darurat ini terjadi jika ada bahaya yang mengancam agamanya, badannya, akalnya, kehormatannya dan hartanya.

Pendorong di sini bukan kesulitan yang masih bisa dihadapi seperti: orang kelaparan yang masih bisa menahan, akan tetapi (yang dibolehkan adalah )keadaan mendesak yang bisa menyebabkan kematian, rusaknya sebagian anggota badannya, dipenjara dalam waktu lama atau sakit menahun

2. Hal darurat yang mendorong untuk bermuamalah dengan riba haruslah hal yang yakin atau kemungkinan besar akan dihadapi jika tidak bermuamalah dengan riba. Jika itu sekedar perkiraan atau angan-angan, maka itu bukanlah termasuk keadaan terpaksa.

Kebanyakan orang bermudah-mudahan dalam menghukumi keadaannya sebagai keadaan darurat yang membolehkan seseorang bermuamalah dengan riba, mereka menjadikan pembelian rumah, mobil atau perabotan sebagai keadaan darurat.

3. Seharusnya orang yang akan bermuamalah dengan riba dalam keadaan darurat sebelumnya sudah berusaha mencari jalan keluar yang halal seperti: berhutang tanpa riba, bekerja dalam bidang yang dibolehkan, membeli barang secara kredit kemudian menjaulnya secara kontan ke orang lain (bukan ke yang mengkreditkan) atau meminta lembaga yang mengurusi zakat untuk membantu.

4. Kalau memang sudah tidak ada jalan keluar dalam masalah yang darurat ini kecuali dengan bermuamalah dengan riba maka seharusnya orang itu hanya mengambil uang riba secukupnya dan tidak melebihi kebutuhannya.

Disarikan dari http://islamqa.info/ar/ref/94823

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com