SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Ingin Sholat, tapi tidak bisa Bersuci karena sakit


Ikhwan (Gorontalo)
8 years ago

Ustd, Mohon Doa dari Ustad untuk Ibu saya yang sedang sakit di Rumah Sakit.

Pertanyaan : Ustad, Ibu saya ketika sakit sedang datang bulan. Setelah berhenti Haidnya, ternyata ibu saya belum sembuh dari sakitnya dan belum bisa Mandi karena sedang di Infus dan keadaannya masih lemah. Pertanyaan bagaimana cara Ibu saya Untuk bersuci agar bisa mengerjakan sholat ??

Jazzakallah Khoir ,,
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

لا بأس طهور إن شاء الله
شفاها الله تعالى

Berikut ini petikan fatwa syaikh Sholeh al-Fauzan yang kami terjemahkan:

Orang yang sakit melaksanakan sholat sesuai keadaannya, jika ia mampu bersuci dengan air maka ia bersuci dengan air. Apabila ia tidak mampu bersuci dengan air maka ia bertayammum dengan debu, ini berdasarkan firman Allah ta'ala dalam surat al-Maidah:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ (٦

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, Maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub Maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh[404] perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, Maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.
http://ar.islamway.net/fatwa/8919

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com