SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bagian sepatu dari kulit Babi


Ikhwan (Jakarta)
8 years ago

Assalammualaikum, Ust bagaimana hukumnya memakai sepatu yang sebagian kulit sepatu terbuat dari kulit Babi, terima kasih, wassalam
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Ada ulama' yang berpendapat bahwa kulit babi jika telah disamak maka itu telah suci dan boleh dipakai, berdasarkan keumuman hadits berikut:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا دُبِغَ الْإِهَابُ فَقَدْ طَهُرَ.أخرجه مسلم رقم 366

Dari Abdullah bin Abbas dia berkata, "Saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Apabila kulit telah disamak, maka sungguh ia telah suci.

Di sisi lain ada ulama' yang mengecualikan kulit babi dari hadits diatas, dan mengatakan bahwa kulit babi tetap najis (meski telah disamak). Yang berpendapat demikian adalah imam syafi'i, dalil mereka adalah firman Allah ta'ala:

قُلْ لا أَجِدُ فِي مَا أُوحِيَ إِلَيَّ مُحَرَّمًا عَلَى طَاعِمٍ يَطْعَمُهُ إِلا أَنْ يَكُونَ مَيْتَةً أَوْ دَمًا مَسْفُوحًا أَوْ لَحْمَ خِنْزِيرٍ فَإِنَّهُ رِجْسٌ أَوْ فِسْقًا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلا عَادٍ فَإِنَّ رَبَّكَ غَفُورٌ رَحِيمٌ (الأنعام:١٤٥)

Katakanlah: "Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaKu, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi - karena Sesungguhnya semua itu kotor - atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah. Barangsiapa yang dalam Keadaan terpaksa, sedang Dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, Maka Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".
Lih. Syarh an-Nawawi ala Shohih Muslim 4/54. Dar ihya' at-Turats al-Arabi cet. Ke 2 tahun 1392 H

Imam Abu Hanifah dan Ahmad juga berpendapat tidak sucinya kulit babi meski disamak. Pengikut madzhab maliki pun berpendapat tidak dibolehkannya mengambil manfaat dari kulit babi. Lih. http://www.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&lang=&Option=FatwaId&Id=172

Pendapat yang rajih/kuat adalah tidak sucinya kulit babi meski disamak, dan tidak boleh pula memakai kulit tersebut karena kulit itu masih tetap najis.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com