SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Dapatkah Allah mendengar doa dalam segala bahasa


Ikhwan (DKI Jakarta)
8 years ago

Dapatkah Allah Mendengar Doa Dalam Segala Bahasa
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

Allah ta'ala sangat mampu mendengar dan memahami do'a dalam berbagai bahasa, serta mampu untuk mengabulkannya.

Kita pernah mendengar bahwa ada orang-orang terntentu bisa menguasai beberapa bahasa dari negara yang berbeda-beda, ini adalah kemampuan dari makhluq yang Allah ciptakan bagaimana dengan kemampuan pencipta makhluq tersebut ?!

Dalam Al-Qur'an Allah ta'ala menceritakan salah satu hambanya yang Dia beri kemampuan untuk bisa bisa memahami bahasa binatang dan berbicara dengan mereka. Allah ta'ala berfirman di surat an-Naml:
 
حَتَّى إِذَا أَتَوْا عَلَى وَادِ النَّمْلِ قَالَتْ نَمْلَةٌ يَا أَيُّهَا النَّمْلُ ادْخُلُوا مَسَاكِنَكُمْ لا يَحْطِمَنَّكُمْ سُلَيْمَانُ وَجُنُودُهُ وَهُمْ لا يَشْعُرُونَ (١٨)فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِنْ قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ (١٩)

18. hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari";

19. Maka Dia (sulaiman) tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) Perkataan semut itu. dan Dia berdoa: "Ya Rabbku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh".

Kemampuan memahami bahasa hewan ini adalah anugerah kemampuan yang Allah berikan kepada makhluqnya, bagaimana dengan kemampuan yang memberi anugerah tersebut ?!


Dalam surat al-Isra' ayat 44 Allah berfirman:

تُسَبِّحُ لَهُ السَّمَاوَاتُ السَّبْعُ وَالأرْضُ وَمَنْ فِيهِنَّ وَإِنْ مِنْ شَيْءٍ إِلا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهِ وَلَكِنْ لا تَفْقَهُونَ تَسْبِيحَهُمْ إِنَّهُ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا (٤٤)

44. langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.

Allah ta'ala menerangkan bahwa segala sesuatu bertasbih kepada-Nya, dan kita tidak memahami tasbih mereka. Faedah bisa kita ambil dari ayat ini adalah bahwa segala sesuatu itu bertasbih kepada Allah, baik itu benda bergerak atau benda yang tidak bergerak seperti batu, gunung dan lain-lain.

Allah ta'ala sungguh luas ilmunya, Dia bisa memahami tasbih dan lainnya dari benda yang kita ketahui bisa berbicara dan benda yang kita ketahui selalu diam, seperti batu, pohon dan lain-lain. Oleh karena itu bisa disimpulkan bahwa secara logika Allah ta'ala sangat mampu untuk memahami perbedaan bahasa yang terdapat di dunia manusia.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com