SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Belanja dengan Kartu Kredit


Ikhwan (Jakarta)
7 years ago

Assalamu'alaikum......

Saya rencana akan bikin kartu kredit untuk kepentingan pembelian barang yang saya butuhkan. Hal ini saya lakukan karena ada beberapa barang yang dijual dengan kredit dan bunga 0% tapi harus punya kartu kredit. Bagaimana hukum islam ttg belanja pake kartu kredit pak Ust?
Terima kasih....

Wa'alaikum salam....
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Kartu yang digunakan untuk transaksi di merchant-merchant ada dua macam:

1. Kartu Debit : yaitu kartu pembayaran yang dibatasi penggunaannya oleh penerbit kartu berdasarkan saldo yang dimiliki oleh pemegang. Jadi penerbit memberi syarat kepada pemegang untuk memiliki saldo tertentu supaya mendapatkan kartu tersebut. Kartu ini ada yang pengguanaannya terbatas pada negara tertentu dan ada yang bersifat internasional (seperti Mastercard Maestro dan Visa Elektron atau Visa debit)

2. Kartu kredit: yaitu kartu transaksi yang penerbitnya tidak mensyaratkan adanya saldo dan pembatasan berdasarkan saldo yang dimiliki pemegang kartu. Dan gambaran sebenarnya adalah: penerbit kartu ini menghutangi pemegang dalam biaya transaksnya.


Penggunaan kartu Debit dibolehkan meski pihak penerbit membebani pemegang dengan biaya tambahan melebihi cost pelayanan sebenarnya yang ditanggung oleh penerbit kartu, karena biaya tambahan itu dihitung sebagai biaya pelayanan. Dan untuk tujuan ini seseorang dibolehkan untuk membuka rekening Bank.

Adapun kartu kredit maka dia boleh digunakan jika:

1. Tidak ada bunga pembayaran tagihan
2. Tidak ada penalty, maksudnya pembayaran denda jika si pemegang kartu terlambat membayar tagihan.
3. Tidak ada cost yang dibebankan kepada pemegang melebihi biaya sebenarnya dari operasional kartu yang ditanggung Penerbit.
4. Tidak ada biaya tertentu berdasarkan prosentase kala terjadi penarikan uang tunai oleh pemegang. Adapun penarikan biaya operasional untuk transaksi uang tunai maka itu boleh.
5. Kartu Kredit Tidak dipakai untuk membeli emas, perak atau uang tunai, karena transaksi dalam barang-barang ini bisa masuk dalam Riba jika tidak terpenuhi syarat kontan. Dan penggunaan kartu kredit dalam transaksi ini hakikanya adalah pembelian tapi tidak cash.



Oleh karena itu kalau memang anda benar-benar butuh pelayanan seperti kartu kredit maka seharusnya anda menggunakan kartu Debit yang diterbitkan oleh Bank.

Disarikan dari
http://islamqa.info/ar/ref/157662
http://islamqa.info/ar/ref/143719
http://www.taimiah.org/index.aspx?function=item&id=923&node=2457

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com