SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Sahabat Saya buka jilbab dan pakai jilbab gaul


Akhwat
8 years ago

Bismillahirahmaair rahiim...

Saya punya sahabat teman pesantren dulu,melihat kehidupannya sekarang yang mapan dg keluarganya yg bahagia merupakan kebahagiaan tersendiri buat saya, tapi sahabat saya ini rela membuka jilbabnya ketika liburan ke bali dan hanya pakai celana pendek aja, lalu jilbab yg dikenakannya skr hanya membelit rambutnya dan berani menampakan leher dan segala perhiasannya...nasihat baik seperti apa yg hrs sy berikan tanpa menyinggung sahabat saya ini? Sukron
Redaksi SalamDakwah
8 years ago

manusia mempunyai sifat yang bermacam-macam, ada yang sensitif terhadap omongan dan ada yang tidak sensitif.
ada yang sadar cukup dengan sindiran, ada yang dengan omongan langsung bahkan ada yang sadar dengan kekerasan.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menggunakan bermacam-macam metode dakwah, kadang beliau menggunakan cara halus, biasa dan pernah beliau berdakwah dengan kekerasan seperti gulat.
detailnya: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah bergulat dengan Rukanah, Rukanah adalah jago gulat, dia tidak pernah kalah saat bergulat. tapi ketika dia bergulat dengan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dia kalah sampai 3 kali. Alhamdulillah akhirnya dia pun masuk Islam(lih. Shahih As-sirah An-Nabawiyah oleh syaikh Albani hal.217)

jadi kalau teman anda orang yang sensitif maka anda baiknya menggunakan cara yang halus seperti dengan bercanda. kalau orangnya cuek dan kurang sensitif maka anda bisa langsung ke pokok permasalahan. jadi di sini anda harus pintar-pintar dalam memahami kejiwaaan obyek dakwah.

untuk semua metode, usahakan anda tidak terkesan menggurui teman anda tersebut, dan anda harus yakinkan bahwa anda adalah orang yang perduli serta cinta kepada dia karena Allah ta'ala. kalau bisa jangan lupa untuk membawakan dalil dari Qur'an atau Sunnah. dan ini menuntut anda untuk belajar agama lebih dalam. dakwah perlu Ilmu agama, semangat saja tidak cukup untuk menjadi modal dakwah.

wallahu ta'ala a'lam
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com