SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Apakah saya telah melakukan riba


Ikhwan (Gorontalo)
8 years ago

Ust, saya pernah meminjamkan uang kepada teman saya yg sedang kepepet. Beberapa Bulan Kemudian dia menukar uang saya sesuai yang dipinjam. Akan tetapi setelah saya hitung ternyata uangnya kelebihan setelah saya tanya, dia mengatakan : "Kelebihan tersebut adalah sebagai hadiah darinya untuk saya sebagai ucapan terima kasih.

Pertanyaan : Apakah hadiah itu termasuk Riba, seperti pada bank Konvensional ??
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

Dalam salah satu riwayat yang shohih disebutkan:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: كَانَ لِرَجُلٍ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سِنٌّ مِنَ الإِبِلِ، فَجَاءَهُ يَتَقَاضَاهُ، فَقَالَ: «أَعْطُوهُ»، فَطَلَبُوا سِنَّهُ، فَلَمْ يَجِدُوا لَهُ إِلَّا سِنًّا فَوْقَهَا، فَقَالَ: «أَعْطُوهُ»، فَقَالَ: أَوْفَيْتَنِي أَوْفَى اللَّهُ بِكَ، قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِنَّ خِيَارَكُمْ أَحْسَنُكُمْ قَضَاءً». أخرجه البخاري رقم 2305 ومسلم رقم 1601

Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata; Ada seorang laki-laki yang Menghutangi Nabi seekor anak unta maka dia datang kepada Beliau untuk menagihnya. Maka Beliau bersabda: "Berikanlah". Maka para sahabat mencarikan anak unta namun tidak mendapatkannya kecuali satu ekor anak unta yang umurnya lebih diatas yang semestinya. Maka Beliau bersabda: "Berikanlah kepadanya". Orang tersebut berkata: "Engkau telah menepati janji kepadaku semoga Allah membalasnya buat Tuan". Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya yang terbaik diantara kalian adalah siapa yang paling baik menunaikan janji".

Dari Hadits diatas bisa kita ambil faedah yaitu jika orang yang hutang memberi lebih banyak atau lebih baik dari apa yang dia hutangi maka ini dibolehkan, bahkan orang yang melebihkan pembayaran tersebut dipuji oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam, sebagaimana yang termaktub di hadits. Akan tetapi perlu digaris bawahi bahwa tambahan pembayaran tersebut dibolehkan jika itu tidak disyaratkan oleh pemberi hutang atau bukan menjadi kebiasaan masyarakat umum yang aturan tidak tertulis itu seakan mewajibkan penghutang untuk membayar lebih. Sebab kebiasaan masyarakat yang sudah dikenal dan dilaksanakan dihukumi seperti syarat sebagaiman hal tersebut ditulis dalam kaidah fiqih

Beda kasus Anda dengan transaksi piutang di bank Konvensional adalah tambahan itu disyaratkan di muka oleh pihak bank.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com