SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Pahala orang yahudi dan nashoro


Ikhwan
8 years ago

assalamu alaikum wr wb
Apa maksud dari QS:2:62 mereka org2 yahudi dan nashoro mendapatkan pahala juga dari Allah swt jika mereka beriman hal semacam itu berlaku dahulu atau sampai sekarang ini...terima kasih salam dakwah
Wassalamu alaikum wr.wb
Redaksi SalamDakwah
8 years ago

وعليكم السلام و رحمة الله و بركاته

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَالَّذِينَ هَادُوا وَالنَّصَارَى وَالصَّابِئِينَ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَعَمِلَ صَالِحًا فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلا هُمْ يَحْزَنُونَ (البقرة:٦٢)
Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah[57], hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Ayat ini bukan pembenaran atas ajaran Yahudi dan Nasrani dan shabi’in (shabi’in termasuk Ahli Kitab) sampai hari kiamat, ayat ini menjelaskan bahwa Ahli kitab yang beriman kepada Allah ta’ala Hari akhir dan beramal baik pada zaman mereka masing-masing sebelum diutusnya Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam maka mereka akan mendapatkan pahala dan balasan, adapun setelah diutusnya Nabi Muhammad maka mereka harus beriman kepada kerasulan Nabi Muhammad.

Allah ta’ala sebelum ayat ini menerangkan tentang maksiat Bani Israil, kejelekan mereka dan celaan terhadap mereka. orang yang membaca ini mungkin berpikiran bahwa semua Bani Israil buruk dan tercela oleh karena itu Allah ta’ala menerangkan di ayat ini bahwa tidak semuanya tercela bahkan sebagian dari mereka yang mempunyai sifat-sifat tersebut akan mendapatkan balasan di sisi Allah ta’ala.
(lih. Taisir Al-Karim Ar-Rahman fi Tafsir Al-Kalam Al-Mannan oleh syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di juz.1 hal.54)

Ayat ini tidak bisa ditafsirkan pembenaran terhadap agama Yahudi, Nasrani dan Shabi’in karena ada ayat lain yang menerangkan bahwa semua ummat diminta untuk mengikuti Nabi Muhammad setelah beliau diangkat menjadi Rasul pada surat Al-A’raf ayat 156-158. Dan hakikatnya tidak ada pertentangan dalam ayat-ayat Qur’an.

Wallahu ta’ala a’lam
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com