SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Solusi dalam pernikahan anak perempuan diluar nasab yang terlanjur menikah dengan wali yang tidak sah


Akhwat (surabaya)
7 years ago

bagaimana solusi menurut islam atas pernikahan anak perempuan diluar nasab yang sudah terlanjur menikah, dan ayah kandungnya sebagai wali? apakah harus menikah ulang secara agama?
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
الْوَلَدُ لِلْفِرَاشِ ، وَلِلْعَاهِرِ الْحَجَرُ. أخرجه البخاري رقم 2053 رقم و مسلم رقم 1457
Anak dimiiki oleh pemilik ranjang, dan bagi pezina, dia mendapatkan kerugian

Maksudnya anak dinasabkan kepada pemilik ranjang yaitu suami, kalau dia tidak ada secara status (misalnya: belum ada ikatan pernikahan tapi anak sudah lahir) maka anak dinasabkan ke ibunya.

Ketika anak perempuan yang dinasabkan ke ibunya akan menikah dia memerlukan wali sebagai syarat sahnya pernikahannya.

Di sisi lain dalam aturan Islam, yang menjadi wali untuk pernikahan adalah bapak secara nasab kemudian kakek dari bapak dan seterusnya atau anak laki-lakinya nya secara nasab,kemudian cucu dan seterusnya, karena perempuan ini tidak memiliki ayah yang sah secara nasab maka dia tidak memiliki wali. Dalam kasus seperti ini Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

فَالسُّلْطَانُ وَلِيُّ مَنْ لَا وَلِيَّ لَهُ. أخرجه أبو داود رقم 2083و الترمذي رقم 1102و ابن ماجه رقم 1879.صححه الألباني

“Penguasa adalah wali nikah bagi perempuan yang tidak memiliki wali nikah”

Dan di Indonesia yang menjadi wakil penguasa untuk urusan ini adalah petugas Kantor Urusan Agama, jadi wali perempuan itu adalah petugas tersebut.

Adapun pernikahan sebelumnya yang menjadikan wali tidak syar'i (meski itu ayah biologis pengantin wanita) sebagai wali maka pernikahan itu tidak sah karena dia bukan wali syar'i. Solusinya adalah melaksanakan akad nikah ulang secara sederhana dengan dihadiri orang-orang yang disyaratkan hadir seperti petugas KUA (yang akan menjadi wali).

والله تعالى أعلم

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com