SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bekerja di Bank


Ikhwan (Jakarta)
7 years ago

Assalamu'alaikum....

Pak Ust. saya tertarik kerja di bank. Menurut islam bagaimana hukumnya bekerja di Bank?
Terima kasih....

Wa'alaikum salam....
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

JIka yang Anda maksudkan adalah bekerja di Bank Konvensional maka Anda tidak boleh bekerja di Bank tersebut karenaBank Konvensional bermuamalah dengan Riba. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah menjelaskan ancaman yang diberikan:


عن جابر، قال: (لعن رسول الله صلى الله عليه وسلم آكل الربا، ومؤكله، وكاتبه، وشاهديه) ، وقال: (هم سواء). أخرجه مسلم رقم 1598

Dari Jabir; dia berkata, 'Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melaknat pemakan riba, nasabah riba, juru catat, dan dua saksi transaksi riba. Rasulullah bersabda, 'Mereka semua itu sama.''

Seandainya pekerjaan yang digeluti tidak termasuk yang disebutkan dalam hadits diatas tapi masih sebagai penunjang operasional Bank secara umum (misalnya sebagai OB) maka ini bisa masuk dalam larangan Allah ta’ala untuk saling membantu dalam dosa:

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ (المائدة :2)

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya.

Lihat kitab Majmu’ Fatawa Bin Baz juz 19 hal 383, Riasah Idarah Al-Buhuts Al-Ilmiyyah wa Al-Ifta' (Riyadh)

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com