SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bagaimana sikap kita saat musik diputar dalam bus


Akhwat
8 years ago

assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh.
bsimillaah, ustadz saya ingin bertanya mengenai hukum seseorang yang mendengarkan musik yang tidak ia sengaja, misalnya dalam keadaan terpaksa yaitu saat seseorang itu berada di dalam bus kota yang memutarkan musik didalamnya. apakah musik yg ia dengarnya itu haram? dan bagaimana cara mengatasi masalah seperti itu. syukron atas jawabannya.
jazakallahu khayr, aamiin
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ، وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ

Barang siapa di antara kalian yang melihat kemungkaran maka hendaknya dia mengubahnya dengan tangannya. Jika tidak mampu maka hendaknya dia ubah dengan lisannya. Jika tidak mampu maka hendaknya dia ubah dengan hatinya dan itulah iman yang paling lemah”. HR. Muslim No. 49

Berangkat dari Hadist diatas, bisa kita katakan bahwa seseorang yang melihat kemungkaran maka wajib atasnya mengingkari kemungkaran tersebut, baik dengan tangan atau kekuasaannya. Kalau tidak mampu maka ia mengingkarinya dengan ucapan. Apabila masih belum mampu maka ia mengingkari dengan hati.

Dalam kasus yang menimpa Anda, seharusnya Anda bisa meminta kondektur mematikan player musik atau mengecilkan volumenya. Apabila awak bus tidak perduli dan tetap memutar musik maka Anda sebaiknya memakai earphone yang terhubung ke hp atau player mp3 dan silahkan memutar murottal sehingga Anda tidak mendengar hal yang diharamkan oleh Allah ta'ala dan tidak teracuni olehnya.

Musik dan lagu yang terus menerus diperdengarkan kepada seseorang akan menjadikannya suka dan hafal dengan lirik lagu yang sering diputar, meski pada awalnya ia tidak bermasud dan tidak sengaja untuk mendengar musik.
Apabila seseorang suka mendengar musik maka kemungkinan besar dia akan lalai dari ayat-ayat ql-Qur'an yang Allah ta'ala karuniakan untuk umat manusia. Oleh karena itu sebisa mungkin seorang muslim menjauhi musik dan lagu-lagu yang akan memalingkan hatinya dari kalam Allah ta'ala.

Sebagai penutup: seharusnya kaum muslimin memanfaatkan kecanggihan teknologi zaman sekarang untuk mendukung kegiatan beragama mereka, diantara pemanfaatan teknologi yang bagus adalah memasukkan murottal Qur'an ke gadget yang kita miliki sehingga kita bisa mendengarkan pembacaan ayat-ayat al-Qur'an secara rutin dan saat kita membutuhkannya.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com