SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

karpet/permadani bergambar


Ikhwan
8 years ago

assalamu 'alaikum ustadz.

bagaimana hukumnya menggelar karpet/permadani yang ada gambar makhluk hidupnya, apakah sama dengan memajang foto makhluk - menghalangi datangnya malaikat rahmat ?

jazakallahu khairan
Redaksi SalamDakwah
8 years ago

Ada perbedaan pendapat dalam masalah gambar makhluq hidup dalam barang-barang yang direndahkan seperti karpet. Ada yang berpendapat harus dihilangkan kepalanya supaya malaikat masuk rumah.
pendapat yang kedua mengatakan kalau gambar itu di rendahkan, misalnya dijadikan pembaringan atau selalu diinjak maka tidak apa-apa kepalanya dibiarkan berdasarkan dhahir hadits:

اسْتَأْذَنَ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلام عَلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ : « ادْخُلْ » . فَقَالَ : « كَيْفَ أَدْخُلُ وَفِي بَيْتِكَ سِتْرٌ فِيهِ تَصَاوِيرُ فَإِمَّا أَنْ تُقْطَعَ رُؤوسُهَا أَوْ تُجْعَلَ بِسَاطًا يُوطَأُ فَإِنَّا مَعْشَرَ الْمَلائِكَةِ لا نَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ تَصَاوِيرُ. رواه النسائي رقم 5365 صححه الألباني

“Jibril ‘alaihis salam meminta izin kepada Nabi maka Nabi bersabda, “Masuklah.” Lalu Jibril menjawab, “Bagaimana saya mau masuk sementara di dalam rumahmu ada tirai yang bergambar. Sebaiknya kamu menghilangkan bagian kepala-kepalanya atau kamu menjadikannya sebagai alas yang dipakai berbaring, karena kami para malaikat tidak masuk rumah yang di dalamnya terdapat gambar-gambar.”

Syaikh Utsaimin menguatkan pendapat ini, beliau berkata setelah membawakan hadits Jibril Riwayat Tirmidzi (terjemahnya):
sesungguhnya hadits ini (riwayat Tirmidzi.pent) khususnya riwayat Nasa’I (hadits di atas) menunjukkan bahwa gambar jika berada di barang yang direndahkan meskipun bentuknya sempurna seperti makhluq maka hukumnya tidak apa-apa, dan ini adalah pendapat kebanyakan ulama’. (Majmu’ Fatawa wa Rasail Al-Utsaimin juz.2 hal.257)

untuk keluar dari perbedaan pendapat ini sebaiknya anda menghilangkan kepala dari gambar tersebut.

Wallahu ta’ala a’lam
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com