SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Tahlil orang yg sudah meninggal


Ikhwan
8 years ago

Assalammualaykum wr. wb..
1. Apakah diperbolehkan membaca Al quran didepan mayat..?!
2. Orangtua saya (ibu) meninggal dunia, saya punya hutang pada ibu saya, bagaimana saya harus membayar nya..?!
Sekian terimakasih ...
Assalammualaykum...wr..wb....
Redaksi SalamDakwah
8 years ago

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته
Soal pertama:
Membaca Qur’an didepan mayit
Membaca Qur’an secara umum adalah ibadah dan telah ada dalil yang menunjukkan disyariatkannya hal tersebut, dan ketika kita mengkhususkan bacaan Qur’an di tempat dan waktu tertentu dengan meyakini ada keutamaan khusus maka itu membutuhkan dalil khusus pula, baik dari Qur’an atau Sunnah. Adat masyarakat tidak bisa menjadi dasar dalam beribadah kepada Allah ta’ala.
1. Kalau dikatakan tujuan membaca Qur’an dekat mayit untuk memperdengarkan dia suara Qur’an.
Ibnu Taimiyah berkata (terjemahnya): tidak ada satupun ulama’ terpandang (karena keilmuannya) yang mengatakan bahwa Mayit diberi pahala dengan mendengarkan bacaan Al-Qur’an. Dan barang siapa mengatakan: bahwa mayit mengambil manfaat dari suara Qur’an yang diperdengarkan dari jarak dekat, dan dia tidak mengambil manfaat kalau dibaca dari jauh karena dia tidak mendengar maka perkataan ini batil, menyelisihi kesepakatan Ulama’.
(Al-Ikhtiyarat Al-Fiqhiyah oleh Ibnu Taimiyyah hal.447)
2. Kalau dikatakan tujuan membaca Qur’an untuk mengirim pahala bacaan ke mayit.
Berikut terjemahan fatwa Ibnu Taimiyyah: bukanlah termasuk adat salaf (orang-orang terdahulu yang dijadikan contoh seperti kalangan sahabat) jika mereka shalat sunnah atau berpuasa atau berhaji atau membaca Qur’an mereka menghadiahkan pahala amalan-amalan itu untuk orang yang meninggal dari kalangan mereka (kaum muslimin) secara umum atau orang-orang tertentu……maka tidak selayaknya orang-orang menyimpang dari jalan hidup salaf karena itu lebih utama dan sempurna.(Majmu’ Al-Fatawa juz.24 hal.323)
Ada jalan yang disyariatkan untuk memberi manfaat ke mayit seperti mendoakannya, bersedekah dan menyembelih qurban atas namanya, serta memintakan ampun untuknya.

Soal ke dua?
Membayar kepada orang yang sudah meninggal caranya adalah membayar ke ahli warisnya ,untuk kemudian menjadikannya termasuk harta warisan yang dibagikan ke ahli waris

wallahu ta'ala a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com