SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Mark up uang dinas


Ikhwan (Jakarta)
8 years ago

Assalamu'alikum....

Beberapa hari ini saya sadar dan trs terpikir oleh uang yang saya dapatkan dengan cara menambah-nambahkan uang perjalanan dinas saya walaupun tdk seberapa jmlhnya (misal uang taksi 70rb saya tulis 100rb). Bgmn utk membersihkannya ust? Rencana saya akan ambil tabungan dan membuang uang sesuai yang saya mark up yang saya ingat. Trima kasih.
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Karena masalah yang menimpa anda berhubungan dengan kedholiman terhadap hak orang lain (dalam kasus ini bisa berarti pemilik perusahaan) yaitu mengambil hak mereka dengan cara yang batil maka taubat yang dilaksanakan harus dengan meminta maaf kepada mereka dan berusaha mengembalikan hak mereka tanpa ada pengurangan sedikitpun, kalau tidak mampu mengembalikan hak orang yang telah ia dholimi maka seharusnya ia meminta kerelaan dari yang didholimi. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ كَانَتْ لَهُ مَظْلَمَةٌ لِأَخِيهِ مِنْ عِرْضِهِ أَوْ شَيْءٍ، فَلْيَتَحَلَّلْهُ مِنْهُ اليَوْمَ، قَبْلَ أَنْ لاَ يَكُونَ دِينَارٌ وَلاَ دِرْهَمٌ، إِنْ كَانَ لَهُ عَمَلٌ صَالِحٌ أُخِذَ مِنْهُ بِقَدْرِ مَظْلَمَتِهِ، وَإِنْ لَمْ تَكُنْ لَهُ حَسَنَاتٌ أُخِذَ مِنْ سَيِّئَاتِ صَاحِبِهِ فَحُمِلَ عَلَيْه. أخرجه البخاري رقم 2499

Barang siapa yang pernah menzalimi saudaranya dalam hal apa pun, maka hari ini ia wajib meminta agar perbuatannya tersebut dihalalkan oleh saudaranya, sebelum datang hari saat tidak ada ada dinar dan dirham, karena jika orang tersebut memiliki amal saleh, amalnya tersebut akan dikurangi untuk melunasi kezalimannya. Namun, jika ia tidak memiliki amal saleh maka ditambahkan kepadanya dosa-dosa dari orang yang ia zalimi.

Semoga Allah ta'ala memudahkan jalan Anda untuk bertaubat dan menerima taubat tersebut sehingga masalah ini tidak menjadi penyebab Anda ikut merasakan adzab Allah yang pedih setelah kematian.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com