SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Mitos kematian pembangun lantai tambahan untuk rumah sebelum Masjid memiliki lantai tambahan


Ikhwan (lombok)
7 years ago

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Mhn maaf yg sbesar bsarnya pak ustaz... Di desa sy org org sedang diganggu mitos, bahwa jika org membangun rumah bertingkat maka akan mati dikarnakan msjidnya belum bertingkat, mhn sarannya pak... Krn memang kebetulan di kampung kami sudah 4 org yg bangun rumah brtingkat mreka mati smua kpala klurgnya, mhn saran apa benr ada dasar pendapt itu, mungkin hadits yg menerangkan bahwa kita tdk boleh membangun rumah bertingkat jika masjid di kampung itu belom bertingkat,
Mhn maaf jika pertanyaan sy ini berlebihan ઢ kmi sangat mengharapkan jawaban.
شكرا كثيرا
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Kami tidak mengetahui adanya dalil yang melarang seseorang membangun rumah bertingkat jika masjidnya belum ditingkat.

Meninggalnya seseorang yang membangun lantai tambahan untuk rumahnya sebelum masjid memiliki lantai/tingkat yang baru bukanlah dalil yang pasti atas benarnya pendapat tersebut karena:

1. Setiap orang pasti mati, dan bisa jadi qaddarallah hari kematiannya bertepatan dengan pembangunan lantai tambahan untuk rumahnya.

2. Kalau seandainya benar bahwa itu menimbulkan kematian maka apakah ada jeda waktu yang pasti antara kematian seseorang dengan kegiatannya membangun lantai tambahan rumahnya, misalnya setelah satu bulan dari pembangunan rumahnya selesai maka ia akan mati. Kalau tidak ada jeda waktu yang pasti dari pendapat tersebut maka meninggalnya seseorang setelah bertahun-tahun selesai dari pembangunan rumahnya itu bisa dikatakan ia meninggal karena membangun tingkat rumah tambahan sebelum masjid membangun lantai tambahan. Jika demikian maka harus dikatakan bahwa orang yang tidak membangun lantai tambahan untuk rumahnya padahal ia mampu tidak akan mengalami kematian yang tidak wajar sampai bertahun-tahun, dan tidak mungkin ada seorangpun dari penduduk yang berani menjamin seperti itu.

3. Menghubung-hubungkan kematian dengan peristiwa tertentu bukanlah hal baru di sejarah manusia dan bukanlah hal yang sulit, seandainya pintu ini dibuka niscaya banyak mitos-mitos tidak berdasar yang akan menyebar dan menghambat kemajuan masyarakat.

Dengan demikian maka perlu penjelasan dalil dari orang yang meyakini mitos tersebut, kalau memang ada dalil shohih dan tegas menguatkan keyakinan tersebut maka kita harus mengikutinya, kalau tidak ada maka itu termasuk aqidah yang tidak benar.

Perlu digarisbawahi bahwa membangun lantai tambahan seharusnya mempertimbangkan kenyamanan lingkungan sekitar, seperti menghalangi cahaya matahari masuk ke rumah tetangga, atau privasi tetangga yang selama ini terjaga dirusak dengan membangun lantai tambahan untuk rumah, karena aurat dari wanita-wanita yang tinggal disebelah bisa terlihat dari tingkat dua rumah yang baru dibangun dan lain sebagainya.



وصلى الله على نبينا محمد وعلة آله وصحيه وسلم

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com