SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Asuransi kesehatan dr perusahaan


Ikhwan
7 years ago

Bismillah, bagaimana hukumnya asuransi yang diberikan oleh perusahaan, maksudnya setiap kita klaim biaya perobatan lalu diganti/dibayarkan oleh pihak asuransi.. Disini perusahaan sebagai pembayar premi dan karyawan yg mendapat manfaatnya, apakah ini boleh? Mohon pencerahannya.
Barakallahu fikum
Jazakumullah khoiron
Putra
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago

Seandainya pihak perusahaan menjamin biaya pengobatan karyawannya tanpa melibatkan pihak ketiga maka ini tidak bermasalah, bahkan ini merupakan tindakan yang terpuji.

Adapun jika perusahaan menggunakan jasa asuransi konvensional (tanpa mengambil pungutan dari pegawai) maka di sini terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama'.

Kami mendapati 2 fatwa yang berbeda dalam masalah ini,

Pertama: membolehkan pegawai mengambil faedah dari jaminan ini karena kerusakan akad perusahaan dengan pihak asuransi tidak bisa mempengaruhi hukum asal pembolehan. Lih. http://www.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=145405

kedua: melarang pegawai mengambil manfaat dari asuransi ini. Ini adalah fatwa komite tetap untuk fatwa dan riset ilmiah Arab Saudi. Lih Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah. 15/311 no. 20629

kami pribadi berpendapat bahwa sebaiknya pegawai tidak memanfaatkan fasilitas ini, sebagai bentuk hati-hati dalam agama dan keluar dari perbedaan pendapat ulama'.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com