SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Ipar adalah mahrom?


Ikhwan
8 years ago

Bismillah, apa yg harus saya lakukan, jika ada saudara laki laki sedang ziarah ke rumah.. Lalu datang waktu shalat. Sedangkan saya ingin shalat berjamaah di masjid terdekat dan posisi ada istri juga dirumah. 1. Apakah saya tetap pergi ke masjid meninggalkan istri saya bersama saudara laki laki saya? Atau saya shalat dirumah untuk menjaga fitnah karena istri dan saudara laki laki saya bukan mahrom..?
2. Apakah istri saya boleh salaman(mencium tangan) dengan tujuan menghormatinya sebagai yg lebih tua?

Jazakumullah khoiron
Putra
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

Seorang wanita tidak boleh berkholwat (menyendiri) dengan laki-laki yang bukan mahram. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ إِلَّا مَعَ ذِي مَحْرَمٍ.أخرجه البخاري رقم ومسلم رقم 5233 ومسلم رقم 1341

Janganlah seorang laki-laki berkhalwat(menyendiri.pent) dengan seorang wanita kecuali bersama mahram

Perlu diketahui bahwa saudara laki-laki kita (ipar istri.pent) bukanlah mahram bagi istri kita jadi mereka tidak boleh berkholwat dengannya. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

."إِيَّاكُمْ وَالدُّخُولَ عَلَى النِّسَاءِ". فَقَالَ رَجُلٌ مِنَ الأَنْصَارِ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَفَرَأَيْتَ الحَمْوَ؟ قَالَ: "الحَمْوُ المَوْتُ".أخرجه البخاري رقم 5232 ومسلم رقم 2172

Jauhilah masuk kepada para wanita.” Lalu seorang laki-laki berkata, “Bagaimana dengan Al-Hamwu ?” Nabi shallallohu 'alaihi wasallam menjawab, “Al-Hamwu adalah kematian.”

Al-Hamwu adalah saudara lelaki suami (ipar) dan semisalnya yang bukan termasuk mahram si istri. Maksud dari kematian dalam hadits ini adalah hati-hatilah terhadap ipar istri dalam masalah berkholwat dengan istri.

Yang seharusnya Anda lakukan adalah mengajak kakak Anda sholat berjama'ah di masjid, dengan demikian, ia melaksanakan kewajiban sholat berjama'ah, dan istri Anda juga selamat dari berkhalwat dengan iparnya.

Perlu diketahui bahwa istri Anda tidak boleh bersentuhan dengan kakak Anda meski untuk tujuan baik seperti penghormatan, karena kakak Anda bukanlah mahram bagi istri Anda.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com