SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Sunnahkah Puasa 1 Muharram


Ikhwan
7 years ago

Assalamualaikum.
Ya ustad anna mau tanya apakah ada hadist yang menjelaskan puasa 1 muharram atau yang biasa dikenal dijawa puasa 1 suro?? soalnya banyak yang mengamalkan puasa ini.
terimakasih ya ustad.
7 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Kami tidak mengetahui adanya dalil yang mengkhususkan keutamaan puasa hanya pada tanggal satu bulan Muharram atau satu Suro.

Berikut ini bentuk Puasa yang Kami ketahui yang dilaksankan pada bulan Muharram:

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ، بَعْدَ رَمَضَانَ، شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ.أخرجه مسلم, كتاب الصيام, باب فضل صوم المحرم, رقم 1163.

Puasa yang paling utama setelah bulan Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah Muharram

Berdasarkan Hadits ini syaikh Ibnu Baz berpendapat bahwa jika seseorang berpuasa Muharram dari Awal bulan sampai akhir bulan maka itu lebih utama baginya. Lih http://www.binbaz.org.sa/mat/13761


Jika tidak bisa melaksanakan itu maka seseorang hendaknya berpuasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram, dalam salah satu riwayat disebutkan:


عَبْدَ اللهِ بْنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، يَقُولُ: حِينَ صَامَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ إِنْ شَاءَ اللهُ صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ» قَالَ: فَلَمْ يَأْتِ الْعَامُ الْمُقْبِلُ، حَتَّى تُوُفِّيَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. أخرجه مسلم رقم 1134


Abdullah bin Abbas Radhiyallahu Anhuma berkata: Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan puasa Asyura’ dan memerintahkan para sahabat untuk puasa. Kemudian ada sahabat yang berkata: Ya Rasulullah, sesungguhnya hari Asyura adalah hari yang diagungkan orang yahudi dan nasrani. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tahun depan, kita akan berpuasa di tanggal sembilan.” Namun, belum sampai tahun depan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah diwafatkan.

Boleh Juga melaksanakan puasa tanggal 10 dan 11 Muharram. Jika tidak mampu kecuali satu hari saja maka Puasa tanggal 10 saja tidak apa-apa.

Berikut ini petikan fatwa Komite tetap untuk Fatwa dan Riset Ilmiah di Arab Saudi yang Kami terjemahkan:

Boleh berpuasa hari Asyura satu hari saja (tanggal 10 Muharram saja.pent), akan tetapi yang utama adalah berpuasa juga satu hari sebelumnya (tanggal 9.pent) atau berpuasa juga satu hari setelahnya (tanggal 11.pent). Fatawa Al-lajnah Ad-Daimah 10/410, Riasah Idarah Al-Buhuts Al-ilmiyah wa Al-Ifta' (Riyadh)

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com