SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

aqiqah saat idul adha


Akhwat (jakarta)
8 years ago

Assalamualaikum Waramatullahi Wabarakatuh
ada beberapa pertanyaan yang ingin ana tanyakan :

1. Apakah seorang anak yang sudah dewasa dan bekerja namun belum di aqiqahkan orang tua nya wajib melakukan aqiqah untuk dirinya?
2. Jika orang tersebut ingin melakukan aqiqah untuk dirinya bersamaan dengan qurban apakah dibolehkan?

Jazakallohu Khoiron Khatsiron
Wassalamualaikum Waramatullahi Wabarakatuh
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Pertama:
Berikut ini kami terjemahkan keterangan syaikh Ibnu Baz:
Yaitu dia disunnahkan untuk mengaqiqahi dirinya, karena Aqiqah hukumnya sunnah Muakkadah, ayahnya dahulu meninggalkan Aqiqah maka si anak disyariatkan untuk mengaqiqahi dirinya sendiri jika dia mampu. Majmu' Fatawa Ibnu Baz 26/266

Kedua:
Berikut ini kami terjemahkan fatw syaikh Utsaimin:
Sebagian ulama' berkata: jika hari Idul Adha bertepatan dengan hari kettujuh dilahirkannya seorang anak, kemudian dia berqurban maka itu sudah mencukupi dari memnyembelih hewan lain untuk Aqiqah, sebagaimana seseorang jika memasuki masjid kemudian shalat Fardhu itu sudah mencukupi dari Tahiyyat Masjid karena keduanya satu jenis yang saling bertepatan dalam waktu maka cukup melaksanakan satu ibadah saja, dan itu mewakili yg lainnya. Akan tetapi aku berpandangan jika Allah melebihkannya dalam harta maka hendaknya dia mengkhususkan 1 kambing untuk Qurban dan satu kambing lain untuk Aqiqah (ini jika yang dilahirkan perempuan), atau dua kambing jika yang dilahirkan laki-laki.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com