SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hukum berkurban untuk orang tua


Akhwat
8 years ago

Assalamualaikum...

Ustadz bolehkah seorang anak berkurban untuk orang tua, sementara anak tersebut belum berkurban untuk dirinya sendiri? Jazakumulloh Khairon atas jawabannya.
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Kalau kedua orangtua orang yang berkurban dibiayai kehidupannya oleh orang yang berkurban maka tidak perlu menyembelih hewan kurban tersendiri, akan tetapi cukup menyembelih seekor kambing dan diniatkan untuk orang yang berkurban dan kedua orang tuanya. Dalilnya adalah:

كَانَ الرَّجُلُ يُضَحِّي بِالشَّاةِ عَنْهُ وَعَنْ أَهْلِ بَيْتِهِ، فَيَأْكُلُونَ وَيُطْعِمُونَ.أخرجه الترمذي رقم 1505.صححه الألباني


Pada masa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam seorang laki-laki menyembelih seekor kambing sebagai kurban bagi diri dan keluarganya, lalu mereka memakan qurban tersebut dan memberikan makan untuk yang lainnya

Dalam fatwa Lajnah Daimah disebutkan bahwa Ahlul Bait adalah: istri seseorang (yang berkurban.red), anak-anaknya, cucu-cucunya jika mereka dalam tanggungannya. Termasuk Ahlul Bait, kedua orang tuanya jika dia menanggung kebutuhan mereka.
http://www.alifta.net/fatawa/fatawaDetails.aspx?BookID=3&View=Page&PageNo=4&PageID=14309
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com