SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

tarekat


Ikhwan
8 years ago

apa itu tirikat Atau torikot?
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

Berikut ini kami terjemahkan potongan dari pengertian yang dibawakan oleh wikipedia dalam bahasa Arab (pengertian ini adalah yang difahami oleh orang umum), Tarekat adalah:
Ajaran dalam Tazkiah (penyucian diri.pent) dan Tarbiyah, tarekat ini adalah cabang dari tarekat lain, dan tarekat ini terikat dengan perantara sanad yang tersambung (ke pencetus tarekat.pent) . http://ar.wikipedia.org/wiki/%D8%B7%D8%B1%D9%82_%D8%A7%D9%84%D8%B5%D9%88%D9%81%D9%8A%D8%A9

Jadi dalam ajaran sufi ada kelompok-kelompok tarekat yang setiap kelompok beda dengan kelompok lainnya dalam tatacara wirid dan model ibadah tertentu.

Untuk mengetahui hukum tarekat-tarekat Sufi kami akan terjemahkan jawaban syaikh Ibnu Baz dalam masalah yang mirip:

Pertanyaan tentang Tahariqat-Thariqat ini global, jika yang dimaksudkan oleh penanya adalah Thariqat-thariqat Shufiyah maka hukumnya adalah mungkar, sebagian lagi Kufur dan sebagian lagi Bid'ah.

Karena thariq (jalan.pent) yang wajib dilalui adalah jalannya Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَأَنَّ هَذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ وَلا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيلِهِ ذَلِكُمْ وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (الأنعام:١٥٣)

Dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalanKu yang lurus, Maka ikutilah Dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalanNya. yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa.

...Maka wajib atas kaum Muslimin untuk berjalan di atas jalan terangnya Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, kemudian Istiqamah diatas jalan dan agamanya. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ (آل عمران:٣١)
Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Fatawa Nur 'ala Ad-Darbi oleh syaikh Ibnu Baz hal.25-26
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com