SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

mengucapkan niat qurban


Ikhwan
8 years ago

Afwan ustadz , bgmn niat berqurban dlm sebuah keluarga yg tdr istri dan anak ? Yg dlm hal ini 1 keluarga itu hanya mampu menyembelih 1 ekor kambing saja . Apakah ad ketentuan dalil tentang hal ini yg menyatakan apbl suami berqurban mk krn ktdk mampuan harta istri dan anak mendpt pahala qurban ? جَزَاكَ اللّهُ خَيْرًI
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

Syaikh Shaleh Al-Fauzan menyebutkan perkecualian dari tidak bolehnya mengucapkan niat untuk ibadah, beliau berkata:

Keadaan pertama:
Ketika Ihram Nusuk, orang yang melakukannya (seharusnya.pent) berkata: Labbaika 'umrotan atau Labbaika Hajjan

Keadaan kedua:
Saat menyembelih dalam ritual Haji atau menyembelih untuk Qurban atau Aqiqah, ketika itu orang yang melakukannya seharusnya melafalkan jenis apa yang dia lakukan, apakah itu Aqiqah, Qurban atau untuk ritual Nusuk, dia juga seharusnya menyebutkan penyembelihan itu untuk siapa (pahalanya.pent), dia hendaknya berkata: Bismillah dari Fulan, Bismillah ini dariku dan keluargaku kemudian menyembelihnya.

Dalam dua masalah ini ada dalil yang menerangkan disyariatkannya melafalkan niat. Adapun selain dua keadaan ini maka tidak boleh melafalkan niat dalam ibadah apapun, baik itu dalam shalat atau selainnya.

http://islamqa.info/ar/ref/144650

Seseorang boleh menyembelih seekor kambing untuk diri dan keluarganya. Dalilnya adalah:

كَانَ الرَّجُلُ يُضَحِّي بِالشَّاةِ عَنْهُ وَعَنْ أَهْلِ بَيْتِهِ، فَيَأْكُلُونَ وَيُطْعِمُونَ.أخرجه الترمذي رقم 1505.صححه الألباني


Pada masa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam seorang laki-laki menyembelih seekor kambing sebagai kurban bagi diri dan keluarganya Lalu mereka memakan qurban tersebut dan memberikan makan untuk yang lainnya .
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com