SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Haji dengan meninggalkan suami dan anak dirumah


Akhwat (jakarta)
8 years ago

Assalamu'alaykum warahmatulloh.

Ustadz ana insha Allah akan pergi haji dan umroh dalam tahun yang sama dengan ibu, kakak perempuan dan kakak laki-laki ana(mahrom ) tahun depan. Namun ana msh suka khawatir ana berdosa meninggalkan kewajiban ana mengurus suami dan anak (4th & 2 th). Suami ana sudah membolehkan malah beliau yg mendorong ana untuk pergi. Ana sudah haji tahun 2009 alhamdulillah bersama suami ana. Mana yg sebetulnya baik untuk ana-haji atau mengurus anak dan suami?. Suami bilang anak akan dibawa kekantor dan izin dari tk selama ana pergi haji karena tk dan kantor suami ana berjauhan. afwan pertanyaan nya panjang.

Jazakumulloh khoir
ummu Abdulloh
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Berikut ini kami terjemahkan jawaban situs yang diasuh oleh syaikh Abdullah Faqih

Pertanyaan:
Saya telah melaksanakan kewajiban haji, kala itu saya memiliki seorang putri yang saya tinggalkan bersama dengan ibu mertua saya. Seorang wanita memberitahu saya bahwa seorang wanita yang memiliki anak tidak berkewajiban melaksanakan Haji dan Umrah, dan yang utama baginya adalah merawat anak-anaknya dari pada dia meninggalkan atau mereka (saat Haji dan Umrah.pent). Saya sekarang ingin pergi Umrah sedangkan saya memiliki putri berumur 1,5 dan 5 tahun. Maka apakah saya berdosa jika saya meninggalkan mereka bersama ibu atau ibu mertua saya atau saya membawa anak-anak dan pergi dengan suami?

Jawaban:
Tidak diragukan lagi bahwasanya anak-anak berhak untuk mendapatkan pengasuhan dan perlindungan ibunya, selama anda masih mendapatkan orang yang melaksanakan pengasuhan anak tersebut sebagai pengganti anda maka anda boleh melaksanakan safar untuk haji. Bahkan ini (haji.pent) wajib atas anda jika terpenuhi syarat berkemampuan haji dalam diri anda dan ada orang yang merawat serta mengasuh anak-anak selama anda tidak ada.

Sebagaimana anda juga boleh membawa kedua putri anda untu safar tersebut jika itu memungkinkan.
http://www.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=75365
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com