SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

apakah hijab pemisah antara laki-laki dan perempuan di masjid wajib


Ikhwan
8 years ago

Assalamualaikum,
ana mw tanya adakah dalil yang mengatakan bahwa di masjid harus dipasang hijab/pembatas antara shaf lelaki dan wanita, yang tingginya sampai menutupi pandangan sehingga tidak terlihat aktifitas shaf laki-laki di depannya. kalo misalnya ada, bagaimana pemasangan hijab yang benar yang syar'i, karena di masjidil haram saja pemasangan pembatas untuk shaf wanita tidak sampai menutupi pandangan. jazakumullah khairan.
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Berikut ini kami terjemahkan fatwa komite tetap untuk fatwa di Arab Saudi:
Tidak ada pembatas (baik dari tembok atau kain) di masjid Nabawi atau masjid lainnya pada zaman Nabi shallallahu alaihi wa sallam, begitu juga pada zaman khulafa' Rasyidin.
Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan Khulafa' Rasyidin belum pernah memerintakan pembuatan pembatas tersebut.

عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: كَانَ النَّاسُ يُصَلُّونَ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُمْ عَاقِدُو أُزْرِهِمْ مِنَ الصِّغَرِ عَلَى رِقَابِهِمْ، فَقِيلَ لِلنِّسَاءِ: «لاَ تَرْفَعْنَ رُءُوسَكُنَّ، حَتَّى يَسْتَوِيَ الرِّجَالُ جُلُوسًا». أخرجه البخاري رقم 1215
Sahl bin Sa'd radhiyallahu anhu berkata: dahulu orang-orang shalat dengan Nabi shallallahu alaihi wa sallam dalam keadaan mengikatkan kain-kain mereka di leher disebabkan kecilnya kain tersebut, maka dikatakan kepada kaum wanita janganlah kalian mengangkat kepala kalian sampai para laki-laki duduk.

Dan ini karena ditakutkan kaum wanita melihat aurat laki-laki (di depan mereka.pent). Seandainya ada pembatas kain atau yang lainnya niscaya hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan dari kaum wanita. Akan tetapi jika dikhawatirkan terjadinya fitnah maka tidak apa mendirikan pembatas antara laki-laki dan perempuan.

Jangan sampai pengaturan shalat wanita bersama imam(dengan tujuan menghalangi kerusakan dan memudahkan wanita) menyebabkan kita melarang mereka shalat di masjid yang hal itu sebenarnya dibolehkan untuk mereka.

http://www.alifta.net/Fatawa/FatawaChapters.aspx?View=Page&PageID=2769&PageNo=1&BookID=2
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com