SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Zakat kepada kerabat yang miskin


Ikhwan (Makassar)
8 years ago

Assalamu'alaikum.. Apakah zakat harta bisa disalurkan kpd org-org yang memiliki hubungan kerabat dekat dengan kita (misal : saudara kandung) yg fakir? Ataukah lebih berhak disalurkan kepada tetangga kita yg fakir? Jazakallahu khair atas jawabannya..
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Boleh memberi zakat kepada kerabat yang tidak dinafkahi kebutuhan pokoknya oleh si pemberi. Berikut ini kami terjemahkan tulisan dari situs islamweb:
Tidak apa-apa membayar zakat untuk saudara dan kerabat yang fakir (selain dua orang tua, kakek nenek dan seterusnya. atau anak dan keturunannya karena mereka semua dalam tanggungan orang yang berinfaq). Membayar zakat kepada kerabat lebih utama, ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam:
الصَّدَقَةُ عَلَى المِسْكِينِ صَدَقَةٌ، وَهِيَ عَلَى ذِي الرَّحِمِ ثِنْتَانِ: صَدَقَةٌ وَصِلَةٌ . أخرجه الترمذي رقم 658 والنسائي رقم 2582 وابن ماجه رقم 1844 صححه الألباني
shadaqah yang diberikan kepada orang miskin pahalanya satu shadaqah dan atas kerabat yang miskin pahalanya dua: pahala shadaqah dan pahala menyambung hubungan kekerabatan.

Ini jika saudara yang diberi bukanlah orang yang bergantung dalam kebutuhan pokoknya kepada saudara yang pemberi zakat, kalau saudara tersebut bergantung kepada pemberi zakat dalam kebutuhan pokoknya maka zakat tidak boleh diberikan kepadanya karena nafkah wajib diberikan oleh pemberi zakat kepada saudara yang fakir tersebut. Dan tidak ada bedanya apakah saudara yang fakir itu termasuk ahli waris si pemberi atau tidak. http://www.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&lang=&Option=FatwaId&Id=478

Silahkan lihat juga fatwa syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad di http://ar.islamway.com/fatwa/33213
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com