SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Tatacara Sholat tarawih


Ikhwan
8 years ago

Assalamualaikum
Saya ingin menanyakan bagaimana tatacara sholat tarawih,jumlah rakaat,dan bacaan yg dibaca waktu sholat
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Berikut ini jawaban syaikh Ibnu Baz yang kami terjemahkan mengenai raka'at Tarawih:
Pertanyaan:
Bagaimana jumlah raka’at yang utama saat shalat pada bulan Ramadhan (tarawih.pent)?

Jawaban:
Yang utama pada shalat Ramadhan (tarawih.pent) adalah kaum muslimin melaksanakannya di masjid dalam jumlah 11 raka’at atau 13 raka’at, dan salam pada setiap 2 raka’at, karena beginilah yang dilakukan Nabi shallallahu alaihi wa sallam, sebagaimana diriwayatkan oleh Aisyah, Ibnu Abbas dan selainnya radhiyallahu anhum.
Dan ada hadits shahih yang berbunyi:

صَلاَةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى، فَإِذَا خَشِيَ أَحَدُكُمُ الصُّبْحَ صَلَّى رَكْعَةً وَاحِدَةً تُوتِرُ لَهُ مَا قَدْ صَلَّى. أخرجه البخاري رقم 990 ومسلم رقم 749
“Shalat malam itu dua rakaat dua rakaat. Jika salah seorang dari kalian khawatir akan masuk waktu shubuh, hendaklah ia shalat satu rakaat sebagai witir (penutup) bagi shalat yang dilaksanakan sebelumnya.
Majmu” fatawa Ibnu Baz 30/23-24

Dan Rasul shallallahu alaihi wa sallam tidak membatasi jumlah dengan raka'at tertentu, maka barang siapa yang mewajibkan untuk membatasi dengan 11 raka'at atau 13 raka'at maka dia telah salah. Fatawa Nur Ala Ad-Darb oleh syaikh Ibnu Baz 9/433

Mengenai surat yang dibaca dalam shalat Tarawih, berikut ini fatwa syaikh Ibnu Baz:
utamanya seorang Imam (shalat Tarawih.pent) memperhatikan (keadaan.pent) ma'mumnya dan tidak memperpanjang bacaan, (Kalau bisa.pent) dia membaca awal Al-Qur'an dan meneruskannya sampai dia mengkhatamkannya pada akhir bulan. Seandainya dia membaca surat-surat pendek itu juga tidak apa-apa. Dia (hendaknya.pent) membaca apa yang ma'mum mampu bersabar dan tidak menyulitkan mereka. Dan jika kadang dia membaca surat panjang dengan tidak menyempurnakannya, akan tetapi membaginya dalam dua raka'at atau lebih itu juga baik.
Kalau dia membaca dari awal Al-Qur'an sampai mengkhatamkannya maka ini diutamakan(dia mulai dengan surat Al-Fatihah kemudian Al-Baqarah dan seterusnya sampai mengkhatamkannya pada akhir bulan) , dengan tetap memperhatikan Tartil, tidak tergesa-gesa dan memperjelas bacaan sehingga orang yang shalat bisa mengambil faedah, menghayati dan memahami (bacaan tersebut.pent).
Fatawa Nur Ala Ad-Darbi oleh syaikh Ibnu baz 9/451

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com