SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Jual beli dengan orang yang bermuamalah dengan riba


Ikhwan (solo)
8 years ago

Assalamaulaykum
barakallahu fiykum ustadz,
apakah diperbolehkan kita menjual sesuatu kepada seseorang yang kita tahu bahwa uang tersebut didapatkan dari hasil pinjam uang di bank konvensional?
jazakumullohu khoiron.
wassalamaualaykum
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته
Hasil Jual barang dengan orang yang bermuamalah dengan riba adalah halal karena Barang yang sampai ke tengan kita tersebut sampai dengan jalan yang halal yaitu jual beli.

Untuk lebih jelasnya ada permisalan lain, seorang ayah bekerja di bank ribawi dan kemudian anaknya diberi nafkah dari hasil gaji ayah tersebut, apa hukumnya?
Hukumnya boleh, karena harta itu sampai ke anak dengan cara yang halal yaitu pemberian, adapun dosa karena masalah riba itu ditanggung oleh si ayah.
Dalilnya adalah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menerima hadiah dari orang yahudi padahal mereka terkenal suka bermu’amalah dengan riba.
Lebih jelasnya silahkan download dan mendengar fatwa syaikh Utsaimin tentang ini di link berikut: (http://audio.islamweb.net/audio/index.php?page=FullContent&audioid=112351)

Permisalan di atas bukan berarti mempersilahkan orang-orang untuk menafkahi anak-anaknya dengan harta yang diambil dengan tidak benar. Karena seharusnya orang tua menafkahi keluarga dengan harta yang halal dan baik.

Sebagai tambahan maklumat dan dalil mengenai bermuamalah dengan orang-orang yang bermuamalah dengan riba silahkan ikuti link situs fatwa berbahasa arab berikut: http://www.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=74053
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com