SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Silaturrahim


Ikhwan
9 years ago

Assalamu'alaikum ust, Dalam kitab adabul mufrad, nabi menyuruh kita mengenali nasab kita agar kita dapat menyambung tali silaturahim (afwan kalo matannya tdk pas). Pertanyaannya, sampai batas mana kita menyambung silaturahim? Karena kalau dirunut dari nabi Adam, semua orang adl saudara kita. Jazakumullah khairan. Abu Difa.
Redaksi SalamDakwah
9 years ago

Shilaturrahim secara bahasa artinya menyambung sanak.


Imam nawawi menulis pengertian shilaturrahim sebagai berikut (terjemahannya) :
silaturrahim adalah berbuat baik kepada kerabat sesuai dengan yang menyambung dan yang disambung (dalam silaturrahim),kadang dengan harta,kadang dengan pelayanan,kadang dengan kunjungan dan salam serta yang lainnya.



Berikut terjemahan dari perkataan syaikh Utsaimin mengenai silaturrahim:
silaturrahim terlaksana sesuai dengan adat dan yang diikuti oleh orang-orang, karena di qur’an dan sunnahbelum dijelaskan macam dan jenis dan ukurannya, Rasul Shallallahu alaihi wa sallam juga belum membatasi dengan batasan tertentu,(tapi ini terbatas pada adat orang islam bukan adat orang kafir).




Siapa yang kita sambung tali silaturrahimnya?
صلة الرحم terdiri dari dua kata صلة (menyambung) dan رحم (sanak)
رحم bentuk pluralnya أرحام



Syaikh Bin Baz menjelaskan pengertian arham (terjemahan bebas) :
Arham adalah kerabat dari jalur ibu dan jalur bapak.bapak,ibu,kakek dan nenek adalah termasuk arham.anak-anak dan cucu laki-laki atau perempuan dari jalur putra atau putri juga arham,begitu juga saudara atau saudari dan anak-anak mereka.tidak ketinggalan saudara ayah atau ibu dan anak-anak mereka termasuk arham.(selesai)




Adapun kerabat istri yang lebih dikenal dengan ipar maka mereka bukanlah arham,akan tetapi selayaknya tetap berbuat baik kepada mereka karena itu termasuk pergaulan yang baik suami ke istri atau sebaliknya dan juga menjadi sebab bertambahnya kedekatan dan rasa cinta.






sumber:
syarh sohih muslim oleh imam Nawawi juz 2 hal 201
http://www.ibnothaimeen.com/all/books/article_18186.shtml
http://www.binbaz.org.sa/mat/9326

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com