SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hukum bekerja di restoran saat Ramadhan


Ikhwan (Banyumas)
8 years ago

Bismillah..
Assalamu'alaikum ustadz..
Saat ini saya bekerja di restoran, lalu apa hukumnya nanti jika pada bulan ramadhan saya bekerja di restoran pada siang hari?
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

kalau seandainya anda pegawai rumah makan yang berada di tempat persinggahan musafir maka itu tidak masalah karena pengunjung rumah makan anda adalah musafir yang memang diperbolehkan untuk tidak berpuasa. begitu juga jika jika restoran yang menjadi tempat bekerja anda menyuplai makanan ke rumah sakit dan untuk konsumsi orang yang sakit, karena orang sakit juga memiliki udzur untuk tidak berpuasa. lihat situs fatwa berbahasa Arab berikut: http://islamqa.info/ar/ref/78494

adapun jika anda bekerja di restoran yang berada di tengah kota atau pemukiman biasa yang nota bene penduduknya adalah orang yang rata-rata diwajibkan untuk berpuasa maka anda tidak boleh bekerja di restoran tersebut saat Ramadhan, karena ketika anda menghidangkan makanan untuk orang yang diwajibkan berpuasa maka anda telah menolong dia untuk berbuat kemungkaran, yaitu berbuka puasa pada siang hari. Allah ta'ala berfirman:
وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ :المائدة :2
dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya.

ini jika anda diwajibkan bekerja pada siang hari Ramadhan, akan tetapi jika anda diwajibkan bekerja pada malam hari Ramadhan atau saat berbuka maka ini tidak menjadi masalah sama sekali, bahkan anda akan mendapatkan pahala jika anda meniatkan untuk mempermudah orang yang berpuasa untuk berbuka dan makan sahur.

wallahu a'lam
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com