SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

hadist tentang keturunan Rasull


Akhwat (jakarta)
8 years ago

Assalaamu'alaykum ustadz,
Seorang teman dari golongan sufi mengatakan bahwasannya ada sebuah hadist yang menyatakan bahwa keturunan Fatimah dan Ali bernasab kepada Rasullulloh tidak kepada Ali dan hal tersebut hanya dikhususkan kepada keturunan Fatimah dan Ali, sedangkan untuk manusia biasa garis nasabnya adalah tetap mengacu kepada bapaknya. Hal tersebut dikarenakan kemuliaan mereka hingga keturunannya yang sekarang (habib-habib diseluruh dunia), sehingga tidak mungkin bagi mereka untuk melakukan kesalahan atas dasar garis keturunannya dan bahwasannya mereka sangat mulia dikarenakan keturunannya.
Apakah hal tersebut benar dan hadist apa yang menerangkan tentang hal tersebut?
jazakumullohu khoiron khatsiron
wassalamualaykum
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Kaum muslimin bersepakat bahwa anak-anak Fatimah radhiyallahu anha masuk dalam jajaran keturunan Nabi shallallahu alaihi wa sallam meski yang menjadi perantara Rasul dan cucu Nya adalah wanita (Fatimah)
Dalilnya adalah:
Pertama:
Rasul shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إنَّ ابْنِى هَذَا سَيِّدٌ، وَلَعَلَّ اللهَ أَنْ يُصْلِحَ بِهِ بَيْنَ فِئَتَيْنِ عَظِيْمَتَيْنِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ.أخرجه البخاري رقم 2704
Sesungguhnya anakku ini adalah sayyid, semoga Allah akan mendamaikan dengannya antara dua kelompok besar dari kalangan kaum muslimin.

Rasulullah menyebut Hasan bin Ali bin Abi thalib pada hadits ini sebagai anak padahal dia bukan cucu dari anak laki-laki, akan tetapi dia cucu dari anak perempuan

Kedua:
penisbatan cucu Rasul shallallahu alaihi wa sallam kepada Rasul adalah khusus, dan ini dikarenakan kebesaran dan keagungan sumber (nasab.red). dan ini tidak berlaku untuk orang lain.
sebagian besar tulisan ini diambil dari kitab Ibnu Qayyim Al-Jauziyah yang berjudul jalaul Afham. hal.264

wallahu a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com