SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Ragu-ragu saat mandi junub


Ikhwan (Mojokerto)
2 weeks ago on Fiqih

Assalamualaikum wr.wb. Saya ingin menanyakan perihal keraguan saya saat mandi junub. Pada saat ditengah-tengah saya mandi junub, tiba-tiba Ibu saya memanggil untuk diambilkan bajunya yang tertinggal di dalam kamar mandi, lalu saya mengambilkan dan memberikannya ke Ibu saya dengan membuka sedikit pintu kamar mandi. Lalu saya lanjut mandi junub. Pertanyaan saya, apakah mandi junub saya sah atau saya harus mengulangi mandi junub saya? Mohon dapat dijawab karena hati saya sangat gelisah karena was-was ini, saya takut mandi junub saya tidak sah dan mengakibatkan sholat saya tidak diterima. Terima kasih sebelumnya. Wassalamualaikum wr.wb.
Redaksi salamdakwah.com
2 weeks ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Sebagian Ulama' berpandangan bahwa Al Muwalah (tidak terputus nya antar prosesi) ketika mandi besar bukanlah syarat sahnya mandi besar. Sebagian lain berpendapat bahwa Al Muwalah adalah termasuk syarat sahnya mandi besar. 

Apabila kita berpegang dengan pendapat pertama maka yang dilakukan penanya tidaklah bermasalah

Wallahu ta'ala a'lam seandainya kita ambil pendapat yang menyatakan bahwa itu adalah syarat maka tetap saja yang dilakukan penanya tidak menjadikan antar prosesi terpisah terlalu lama sehingga tidak dikatakan bahwa penanya telah melanggar syarat sahnya mandi junub. Wallahu ta'ala a'lam

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com