SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Aqiqah Anak Yang Sudah Meninggal


Ikhwan (BEKASI)
4 months ago on Fiqih

Bismillahirrahmanirrahim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. semoga Rahmat Allah selalu tercurah untuk Ustadz dan kita semua. Aamiin. mohon bertanya Ustadz, beberapa waktu yang lalu anak kami yang berumur 3 tahun berpulang ke rahmatullah. dan kami belum melaksanakan aqiqah dikarenakan waktu kelahirannya belum ada dana yang cukup. apakah sekarang kami bisa melakukan aqiaqah setelah anak kami meninggal? jazakallahu Khairan.
Redaksi salamdakwah.com
4 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Semoga Allah ta'ala merahmati anak penanya yang telah meninggal dunia dan memberikan kesabaran kepada keluarganya. Terkait mengaqiqahi anak tersebut, apabila penanya sekarang dalam keadaan mampu maka boleh untuk mengaqiqahinya, apabila anak penanya adalah laki-laki maka melakukan aqiqah dengan dua kambing, apabila anaknya perempuan maka aqiqahnya satu kambing. 

Syaikh Ibnu Baz rahimahullahu ta'ala pernah ditanya:

توفي لي طفل قبل حوالي خمسة عشر عاماً، وكان عمره آنذاك قد بلغ أربعة أشهر، فهل يستحق أن أعقق له، أم أضحي له، أفيدونا أفادكم الله؟

Anak saya meninggal 15 tahun lalu, umur dia saat itu empat bulan apakah dia berhak untuk saya mengaqiqahinya ataukah saya berkurban untuk dia. Berilah kami faedah semoga Allah memberi anda faedah

 

Beliau menjawab: 

Sunnahnya, anda melakukan aqiqah untuknya dengan dua kambing jika dia laki-laki, ini yang afdhal, ini hukumnya sunnah dan tidak wajib. Ini bila mudah anda lakukan, ini yang afdhal bagi anda...https://binbaz.org.sa/fatwas/6946/حكم-العقيقة-عن-المتوفى

 

Wallahu ta'ala a'lam  

© 2022 - Www.SalamDakwah.Com