SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

lidah bergerak gerak dalam shalat lebih dari 3 x


Ikhwan (Sambas)
4 months ago on Ibadah

Bismillah.. Apakah batal jika saya menggerak - gerakan lidah saya di luar gerakan shalat, Seperti menyela - nyela gigi, gusi dll?
Redaksi salamdakwah.com
4 months ago

 

Apabila gerakan tersebut diperlukan dan tidak banyak maka itu tidak apa-apa. Ukuran banyak yang membatalkan shalat di sini kembali ke kebiasaan masyarakat, dimana seseorang bila banyak bergerak ketika shalat seakan-akan ia sedang tidak melaksanakan shalat maka ketika itu shalatnya tidak sah. Apabila seseorang sesekali bergerak ketika shalat karena diperlukan (seperti menggaruk tempat yang gatal) dan biasanya itu dipandang biasa maka gerakan tersebut tidaklah bermasalah bagi shalatnya. lihat keterangan syaikh Ibnu Utsaimin di Asy-Syarh Al-Mumti' Ala Zad Al-Mustaqni' 3/256.

Dengan demikian bila penanya melakukan gerakan itu untuk menghilangkan sisa makanan yang terselip di gigi atau berada di gusi yang mengganggu saat penanya membaca bacaan dalam shalat, kemudian setelah itu sisa makanan itu dibuang ke luar mulut maka gerakan itu tidak apa-apa. Dan ini menjadi pelajaran supaya kedepannya membersihkan mulut dengan baik sebelum penanya melaksanakan shalat. 


Terkait pembatasan gerakan non shalat ketika melaksanakan shalat sebanyak 3 raka'at saja, dan apabila lebih maka itu bisa membatalkan shalat, berikut ini petikan keterangan syaikh Ibnu Baz rahimahullah:

Adapun membatasi gerakan yang menafikan tuma'ninah dan kekhusyu'an dengan 3 gerakan saja maka itu bukanlah bersumber dari hadits nabi shallallahu alaihi wa sallam, akan tetapi itu hanya bersumber dari perkataan sebagian ulama', dan itu tidak didasari dalil yang bisa dijadikan landasan. Majmu' Fatawa Ibnu Baz 11/113

Meski demikian, seharusnya orang yang shalat tidak melakukan gerakan non shalat ketika shalat kecuali bila sangat diperlukan supaya thuma'ninah dan khusyu' bisa terjaga dengan baik.


وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

© 2022 - Www.SalamDakwah.Com