SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

hak ahli waris yang sudah meninggal


Akhwat (bekasi)
2 weeks ago on Fiqih

Kepada Yth Ustadz Di Tempat. Assalamu alaikum WW, Kami bersaudara kandung ada 11 Orang, masih hidup 8 orang dan sudah meninggal 3 orang. Ayah kandung kami selaku pewaris meninggal tahun 1994, dan ibu kandung Agustus 2015, dan ibu meninggal tahun 2015 ) Anak laki-laki kedua ( Alm.Hasbi ) meninggal tahun 2014, beliau meninggalkan seorang istri dan 4 anak kandung ( 2 lakilaki dan 2 perempuan ) dan sampai sekarang masih hidup. Anak laki-laki ke 7 ( Alm.Irpan Saleh ) meninggal Februari tahun 2015 ( waktu meninggalnya lebih dulu / 6 bulan sebelum ibu kandung kami meningggal (, beliau meninggalkan seorang istri dan 4 anak kandung / 1 anak laki-laki 3 anak perempuan dan sampai sekarang masih hidup. Pertanyaan kami adalah : Bagaimana pembagian harta kepada 2 anak lakilaki kandung yang meninggal ? Demikian pertanyaan kami atas perhatian ustaz kami ucapkan terimakasih, Wassalam Alam P Harahap
Redaksi salamdakwah.com
1 week ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Yang kami tangkap dari pertanyaan di atas adalah bahwasanya bapak Hasbi dan bapak Irpan rahimahumallahu ta'ala meninggal setelah ayah mereka meninggal terlebih dahulu. Di sisi lain mereka berdua meninggal sebelum ibu mereka. Dengan demikian maka bapak Hasbi dan dan bapak Irpan rahimahumallahu ta'ala hanya mendapatkan harta warisan peninggalan dari bapak mereka saja sedangkan mereka berdua tidak mendapatkan warisan dari harta peninggalan ibu mereka karena mereka berdua meninggal sebelum ibu mereka. Harta waris yang mereka peroleh dibagikan kepada masing-masing keluarga mereka yang masih hidup kala mereka meninggal dunia. 

Kami sarankan untuk segera membagi warisan bila kewajiban-kewajiban sebelumnya sudah diurus dan masih ada sisa harta. Hukum asalnya tidak boleh mengakhirkan pembagian warisan kecuali didasari oleh udzur syar'i.  Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa pernah ditanya:
Apabila seseorang meninggal dalam keadaan memiliki anak dan meninggalkan harta, apakah boleh salah seorang keluarga orang yang meninggal tadi menyimpan harta tersebut hingga sekitar setahun sebelum dibagikan?

Mereka menjawab:
Tidak boleh menyimpan dan menunda pembagiannya kecuali bila ada udzur syar'i. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 16/464 pertanyaan pertama dari fatwa no.8817

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com