SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

merasa ada angin yang keluar ketika wudhu


Ikhwan (Jakarta)
5 months ago on Fiqih

Assalaamualaikum saya ingin bertanya,suatu ketika saya berwudhu namun ketika wudhu blom selesaisaya merasakan seperti ada angin yang keluar apakah hal tersebut dianggap
Redaksi salamdakwah.com
5 months ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Apabila  penanya ragu-ragu apakah sudah keluar angin atau belum maka ia perlu memperhatikan apakah ada suara kentut yang didengarkan ataukah sudah ada bau yang tercium. Kalau tidak ada bau yang tercium dan tidak ada suara kentut yang terdengar maka penanya tetap dihukumi belum hadats kecil, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

 

 إذا وجد أحدكم في بطنه شيئاً فأشكل عليه أخرج منه شيء أم لا فلا يخرجن من المسجد حتى يسمع صوتاً أو يجد ريحاً 

 

"Jika salah seorang di antara kamu merasakan sesuatu pada perutnya sehingga membuatnya ragu apakah keluar sesuatu darinya ataukah tidak, hendaknya ia tidak keluar dari masjid sehingga ia mendengar suara atau mencium baunya."

Namun apabila penanya yakin bahwa kentut sudah keluar maka penanya perlu mengulang wudhunya tanpa harus menunggu ada suara atau menunggu adanya bau. 

Imam an-Nawawi rahimahullahu ta'ala menerangkan:

Sabda nabi shallallahu alaihi wa sallam


حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا أَوْ يَجِدَ رِيحًا

Hingga dia mendengar suara atau mencium baunya

maknanya adalah dia  mengetahui salah satu dari keduanya namun tidak disyaratkan mendengar atau mencium menurut kesepakatan Ulama' kaum muslimin. Syarh an-Nawawi ala Shahih Muslim 4/49

Wallahu ta'ala a'lam

© 2022 - Www.SalamDakwah.Com