SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

hukum memegang al quran


Ikhwan (semarang)
1 week ago on Ibadah

assalamualaikum. saya mau tanya ustadt....mengenai hukum atau adab memegang atau membawa kitab suci al quran terjemahan ...saya pernah mendengar kalau memegang atau membawa kitab al quran terjemahan boleh dengan keadaan tidak bersuci.. sedangkan dalam surat al waqiah ayat 79 menerangkan bahwasannya tidak boleh memegang al quran kecuali orang yg bersuci... sekian ustadt...mohon bimbinganya dan arahannya.. assalamualukum
Redaksi salamdakwah.com
1 week ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته


Mushaf yang dilarang untuk disentuh secara langsung oleh orang yang sedang berhadats kecil atau besar (termasuk Haidh) adalah mushaf yang mengandung ayat-ayat Qur’an saja, baik itu 30 juz atau sebagian, akan tetapi jika dipegang menggunakan pelapis seperti kain yang suci maka itu tidak apa. Adapun kitab tafsir maka boleh menyentuh dan memegangnya karena itu tidak dinamakan Mushaf tapi kitab tafsir (lih Majmu’ Fatawa bin Baz juz.24 hal.348 no.118 dan lih.ibid juz 10 hal.209)

Syaikh Utsaimin menjelaskan lebih detail, seandainya isi sebuah kitab banyak ayat qur’annya dari pada tafsirnya maka itu dinamakan Mushaf dan hukumnya sama dengan Mushaf biasa (yang hanya berisi ayat-ayat Qur’an.pen). Sebaliknya, apabila isi tentang tafsirnya lebih banyak dari pada ayat-ayat qur’annya maka boleh dipegang secara langsung oleh orang yang berhadats karena itu kitab tafsir.
Apabila isinya berimbang antara tulisan ayat Qur’an dan tafsir maka tidak boleh disentuh oleh orang yang berhadats, berdasarkan kaidah: jika berkumpul hal yang membolehkan dan melarang, dan tidak ada pembeda yang menguatkan salah satu sisi maka dikuatkanlah sisi yang melarang (lih. Majmu’ fatawa wa Rasail Al-Utsaimin juz.11 hal.215)


وبالله التوفيق

PERTANYAAN TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com