SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Akhwat (Bandung)
1 day ago on Keluarga

wali anak diluar nikah

apakah benar anak perempuan diluar nikah tidak boleh di walikan ayahnya. karena ada 2 pendapat ada yg bilang boleh ada yg bilang tidak boleh.. mana yg betul ustad?
Akhwat (Yogyakarta)
2 days ago on Ibadah

Menikah atau Lulus kuliah dulu

Assalamualaikum ustad/ustadzah. Mau bertanya,sekarang saya 21 tahun,saya mahasiswi semester 1, saya nelat kuliah.Saya memiliki pacar dn sudah berpacaran 2 tahun,saya sudah ingin menikah dan juga pasangan saya juga sangat ingin,namun calon pasangan saya blm terlalu mapan atau bisa dbilang pas2 an.Orang tua saya ingin saya lulus sampai S1, namun pasangan saya tidak ingin menunggu saya sampai lulus kuliah.bagaimana ustadz solusinya? Saya sangat bingung sekali harus bertanya kepada siapa.Terimkasih.Walaikumsalam
Akhwat (Malang)
3 days ago on Keluarga

Suami Memerintahkan Istrinya Membantu Keluarga Suami

Sy baru menikah dan saat ini sy dalam kondisi hamil anak pertama. Selain menikah sy jg sedang kuliah. Skrng sy tinggal di rumah mertua sesuai keinginan suami. Suami jg jarang di rumah krn bekerja di luar kota. Di rumah, ada orang tua dan nenek suami yang ketiganya kurang mampu mengurus diri sendiri sehingga suami meminta saya meladeni mereka. Awalny saya mencoba sekadarny, tp suami meminta supaya sy bisa menghandel banyak hal seperti selalu menyiapkan makan dan membantu apa yang bisa dibantu. Sy prnah cekcok dgn suami krn saya merasa sprt pembantu, tp suami bilang dia ingin sy berbakti ke orang tuanya. Sy bahkan bbrp kali tidak boleh meninggalkan rumah selain keperluan kuliah untuk alasan kepentingan di rumahnya. Sy juga tidak diizinkan pulang k rumah orang tua terlalu lama. Smpai saat ini sy selalu merasa bahwa apa yang sy lakukan adalah beban, terlebih suami selalu menganggap apa yg sy lakukan kurang. Trkadang sy merasa muak, dan dia meminta sy ikhlas, tp sy masih bertanya bagaimana caranya untuk ikhlas. Saat ini sy jg hamil dan ingin dimanja, tp sy terlalu capek untuk melakukan semua hal seharian dan sendirian. Bagaimana sy harus menghadapiny?
Akhwat (Balikpapan)
4 days ago on Keluarga

Orang Tua Meminta Dinafkahi Saat Dia Sedang Hamil

Assalamualaikum ustadz, Saya seorang wanita yg bekerja meski sdh menikah untuk menafkahi orangtua dan adik saya. Akan tetapi saat hamil saya memutuskan berhenti bekerja, otomatis saya tidak bisa menafkahi mereka lagi. Akan tetapi orangtua tetap berharap saya membantu mereka, keinginan saya juga begitu ustadz. Saya usahakan semampu saya, tapi dalam keadaan ini, saya juga memerlukan biaya lebih sehingga saya tidak bisa lagi membantu. Orangtua saya marah karna hal tsb, apakah saya berdosa dan termasuk anak durhaka ustadz? Mohon penjelasannya. Terima kasih Wassalamualaikum.
Ikhwan (Medan)
1 week ago on Keluarga

Bilamana ibu mertua tinggal bersama sedangkan ayah mertua bekerja diluar kota

Assalamualaikum ustad Semoga ustad selalu dilindungi dan diberikan kesehatan oleh Allah SWT Saya mau bertanya tentang masalah rumah tangga saya, saat ini saya, istri dan satu anak kami yang berusia 4 tahun sedang merantau di kota bandung dan tinggal di kontrakan paviliun yang hanya ada satu kamar. Sudah beberapa bulan ibu mertua saya tinggal bersama kami (bukan hanya sekali) dan tidur bersama saya, istri dan anak saya. Saya mulai merasa risih dan keberatan bila ibu mertua saya terus terusan ada bersama kami Karena saya dan istri sulit untuk berhubungan, ibu mertua juga memiliki pribadi yang kurang baik dan kami selalu tidur dalam satu kamar yang sama saya keberatan karena ayah mertua masih ada hanya saja bekerja berpindah pindah sebagai kontraktor dan yang saya tau kewajiban ayah mertua lah untuk mengurus istrinya, kakak dari istri juga belum menikah Apa yang harus saya lakukan sebagai seorang suami ustad ? Mohon petunjuk ustad Barakallahu fikum Wa jazaakallahu khairan
Akhwat (Bangka Belitung)
1 week ago on Fiqih

Menikah Sedangkan Wali Tempatnya Jauh

Assalamu'alaikum Ustadz. Saya mau tanya, sahkah pernikahan tanpa sepengetahuan ayah kandung karena ayah kandung tinggal berjauhan (lebih dari 90 km) dengan putrinya. Sehingga menggunakan wali yang lain. Saya pernah membaca bahwa boleh mengganti wali nasab jika wali tersebut (ayah kandung) tinggal berjauhan dengan putrinya (lebih dari 90 km/84 km syarat boleh qashar shalat). Sedangkan saya pernah membaca hadits bahwa tidak sah pernikahan tanpa adanya izin dari wali pihak wanita. Oleh karena itu sahkah pernikahannya Ustadz? Mohon penjelasannya. Terima kasih. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Akhwat (Kota Bogor)
1 week ago on Ibadah

UMROH SEDEKAH

ASSALAMU'ALAIKUM maaf sebelumnya saya ingin bertanya apakah Umroh itu termasuk Bersedekah? karena saya dapat beberapa info bahwa Umroh sama saja kita bersedekah. Mohon penjelasannya Ust/Ustadzah. Terima kasih
Akhwat (Palembang)
2 years ago on Keluarga

Orang tua tidak mengizinkan bercadar karena sakit anaknya diperbincangkan

Assalamualaikum ustadz.. Saya memutuskan untuk menggunakan cadar tanpa meminta izin terlebih dahulu karena saya fikir orang tua nanti akan memberi izin, sama seperti saya hijrahpun tidak meminta izin mereka. Orang tua saya jarang shalat dan banyak belum paham ilmu agama. Saya sudah menjelaskan tentang cadar, baik itu hukumnya dan juga alasan saya. Saya menggunakannya karena ingin melindungi wajah saya agar tidak dilihat oleh sembarang orang yang bisa saja menimbulkan fitnah dan ingin menjaganya untuk suami saya kelak. Tapi orang tua tetap tidak setuju dgn alasan saya sudah keterlaluan tentang agama, padahal sudah saya jelaskan ini untuk mereka juga agar tak mendapat dosa karena saya. Apakah jika saya diam2 memakai cadar saat di kampus saya berdosa? Karena dikampus terlalu sering bertemu yg bukan mahram saya. Apakah saya harus melepaskan cadar saya sepenuhnya? Saya honor di SD dan disana terpaksa saya buka demi menjaga perasaan kedua orang tua saya. Apa yg harus saya lakukan? Terimakasih.. Wassalam..
Akhwat (Bekasi)
2 years ago on Fiqih

Mengangsur Sedekah Ketika Orang Yang Diambil Hutangnya Tidak Ditemukan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته Ustadz sy dlu pnh bhutang dgn seseorang.,krn suatu alasan dan kbtulam sy hijrah sy khilangan contact dgn Tmn2 sy tmasuk dgn orang yg mbri hutang tsb.Skrg sy ingin mbayar hutang tsb tp sy sm skli tdk tahu dmn dia tgl,contactnya sdh tdk bs dhubungin..sy jg g py contact tmn atau kluarga nya..intinya sy sdh brusaha mcari cra utk mcarinya tp tdk memungkinkan krn mmg sy tdk pnh tau tmpt tgl dan kluarganya..yg sy ingin tanyakan...bolehkah sy mensedeqahkan hutang sy itu atas nama orang tsebut...dan bolehkan hutang itu dbayar / dsedeqahkan dgn cra dicicil...?kondisi kdua sy kbetulan py tmn yg fakir...bhkan tak jarang dia pnh tdk makan krn tdk py uang sm skli..pdhal dia msh mempunyai kakak2 yg tbilang mampu,,tp entah knp kakak2 ny sdh tdk pduli dgn keadaanny bahkan smpai melantarkannya,,dan sahabat sy ini sdh tdk mempunyai orgtua ,,dan dia sdh brusaha utk mdptkan pekerjaan tp qadarullah blm rezekinya..yg sy ingin tanyakan bolehkah jk hutang yg sy ingin sedeqahkan atas nama org yg sy hutangi tsb dberikan kpd tmn sy ini.,mhn penjelasanny ustadz...jazakallah khair ..barakallah fiik
Akhwat (Jakarta)
2 years ago on Mu'ammalah

Seseorang selalu membantu orang lain tetapi tidak melaksanakan sholat

Assalamu'alaikum ustadz, sy memiliki seorang teman yg alhamdulillah dia memiliki kelebihan materi dibanding saya sendiri. Tidak jarang dia membantu teman2 atau orang di sekelilingnya dengan materi yg ia miliki, namun teman sy tersebut tidak pernah sholat. Meski ia kadangkali beristigfar atau mengucapkan "Allahu Akbar" tapi ia tetap tidak menjalankan sholat. Bagaimana hukumnya ustadz ? Apakah amalan baik yg teman sy lakukan adl sia-sia ? Jazzakallah khair
Ikhwan (Jogja)
2 years ago on Fiqih

Menggambar Hewan Untuk Edukasi Anak

Assalamu'alaikum Ustad. bagaimana hukumnya menggambar hewan dengan tujuan mengedukasi anak. ?
Ikhwan (Purwokerto)
2 years ago on Fiqih

Belum Selesai Baca al Fatihah Atau Tasyahhud Ternyata Imam Sudah Pindah Ke Rukun Lain

Permisi ustadz,saya hendak bertanya,kalau misal saya sedang membaca al fatihah atau misal doa tahiyat namun imam sudah pindah gerakan apa yang harus saya lakukakn,apakah kita menyelesaikan bacaan kita atau langsung mengikuti imam ke gerakan lain ,lalu apakah shalat kita menjadi kurang sempurna kalau bacaan kita kurang lengkap ustadz,terimakasih ustadz
Akhwat (Jakarta)
2 years ago on Riba

Invest

Pak ustad saya mau nanya, saya terlanjur investasi uang lalu katanya uang itu untuk perputaran usaha. Dan uang saya akan di kembalikan beserta keuntungannya sesuai lama waktu saya menginvestnya. Apakah itu riba???
Ikhwan (Kalimantan Timur)
2 years ago on Keluarga

Apa hal yg harus dilakukan istri jika sang suami menghalangi jalan beribadah?

apakah boleh meninggalkan sang suami karena suami menghalangi istri dalam beribadah?
Akhwat (Temanggung)
2 years ago on Aqidah

Berbakti Kepada Orang Tua Setelah Menikah

Assalamu'alaikum Ustad.. bgmn kah cara sya untuk tetap bisa mengasihi orang tua, ketika sya sdh menikah dan ikut dengan suami?

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com