SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Ikhwan (Bandung)
1 day ago on Mu'ammalah

Lupa Nominal Hutang

Assalamu'alaikum Ustadz. Saya punya hutang, tapi saya lupa nominalnya. Teman saya pun (yang saya hutangi) lupa nominal hutangnya. Bagaimana solusinya ustadz? Jazakallah khairan katsiron.
Ikhwan (jayapura)
1 day ago on Aqidah

Nyanyian Religi Agama Lain

1. apakah orang islam boleh menyayikan lagu agama lain? walaupun itu hanya sekedar menyukai nadanya saja, tidak lebih? 2. apakah menyukai seorang publik figur dan menjadikannya teladan boleh?
Ikhwan (Lamongan)
1 day ago on Aqidah

Ujub dan Riya

Assalamualaikum ustadz, minta kejelasan tentang ujub dan riya, serta kiat-kiat agar terhindar dari keduanya, dan juga minta doa agar terhindar dari sifat diatas tadi... Wassalamu'alaikum
Akhwat
3 days ago on Ibadah

melamar pria?

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalamu'alikum ustadz/ustadzah, saya Fulanah umur 20 tahun ingin meminta pendapat ustadz/ustadzah. Sebelumnya saya akan sedikit bercerita. Ada laki-laki yang diperkenalkan kepada saya oleh kerabatnya, dan perkenalan itu diketahui oleh keluarga saya. Karena sekarang dia sedang diluar jawa, sedangkan saya di jawa, kami hanya berkomunikasi lewat telephone. Kami tau maksud dari perkenalan kami adalah perjodohan, kami sudah saling terbuka tentang masalalu kami, dan insyaallah kami bisa saling menerima, namun tadi pagi dia bertanya kepada saya "bagaimana jika adik yang melamar saya? Bilang kepada ayah kalau adik ingin menikah dengan saya." Saya terkejut dengan pertanyaan tersebut. Saya tahu memang tidak ada larangan wanita melamar pria, namun adat kami tidak seperti itu, dan saya sudah terlanjur tidak menyanggupi permintaan tersebut. Memang saya menyayangi, mengharapkan dia menjadi suami saya, karena selama berkenalan dia adalah orang yang taat dan sering mengarahkan kepada hal yang lebih baik. Namun untuk melamarnya, sungguh saya sangat malu, dan sepertinya saya tidak mau untuk melakukannya, namun saya juga tidak ingin berakhir hanya karena saya menolak untuk melamarnya. Bagaimana menurut ustadz/ustadzah? Salahkah saya? Apa yang harus saya perbuat? Terimakasih. Wassalaamu'alaikum.
Akhwat (Jakarta)
4 days ago on Riba

ASURANSI KANTOR

Assalamualaikum ustadz, Saya mau menanyakan, hukumnya menggunakan fasilitas asuransi kesehatan dari kantor apakah termasuk riba. Dimana asuransi tersebut sepenuhnya dibayarkan oleh perusahaan, dan karyawan sama sekali tidak membayar angsuran asuransi per bulannya. Apakah jika karyawan menggunakan asuransi tersebut termasuk riba? atau hanya yg terkena hukum riba nya adalah perusahaan itu sendiri? Terimakasih
Ikhwan (bekasi)
4 days ago on Riba

Bekerja di Koperasi Yang Bermuamalah Dengan Riba

Asalamualaikum ustad, saya bekerja di sebuah perusahaan koperasi simpan pinjam berbunga, tetapi saya hanya seorang tukang bersih bersih saja di situ, apakah saya ini termasuk syubhat atau saya masih boleh bekerja di kopersai,,, mohon pencerahan nya ustad... trimakasih
Ikhwan (pontianak)
4 days ago on Fiqih

Masalah Gaji

Pak Ustad yang terhormat .. Saya mau tanya Saya lulus PNS, tapi waktu tes PNS, saya mencontek, tapi tidak semuanya, ada jawaban yang saya isi sendiri. status gaji saya bagaimana pak ustad, apakah gaji saya haram ?
Ikhwan (Kalimantan Selatan)
5 days ago on Fiqih

Harus Diapakan Nasi Kotak ini?

Assalamualaikuam Ustadz. Pagi ini baru ada rapat koperasi di instansi ana. Di hadapan ana sekarang ada nasi kotak yang bersumber dari Sisa Hasil Usaha Koperasi Simpan Pinjam (riba). Apa yang harus ana lakukan terhadap nasi kotak ini? Boleh dimakan atau tidak? Kalau tidak, harus dikemanakan ini nasinya? Kalau kasih ke anak sendiri atau teman apa tidak tergolong memberi rezeki/hadiah dari sumber yang haram? Kalau dibuang apa tidak mubazir? Semoga saat lapar nanti ana tidak khilaf. Ana tunggu jawabannya. Jazakallahu khairan ya Ustadz.
Akhwat (Jakarta)
5 days ago on Fiqih

Mendengarkan Al-Quran Kemudian Mendengar Musik

Assalamu'alaikum, pak Ustadz bolehkah setelah mendengarkan tartil Qur'an mp.3 kemudian mendengarkan musik (diiringi nyanyian) ? Apakah tidak ada pembolehan sama sekali dgn alasan apapun utk mendengarkan musik/lagu ? Mohon pencerahannya. Terimakasih.
Akhwat (Bekasi)
1 week ago on Mu'ammalah

Mengarang Cerita Fiksi

Assalamu'alaikum.. ustadz..bagaimana hukum bagi pengarang cerita fiksi/dongeng yang tidak nyata? jazakumulloh
Akhwat (Bekasi)
1 week ago on Ibadah

haji tanpa mahram

Assalamu'alaikum... ustadz..apabila suami belum mau berangkat haji/umroh padahal dia mampu, apa yang sebaiknya istri lakukan? apakah istri tetap berangkat haji/umroh tanpa suami (tanpa mahram)? jazakumulloh khoiran katsiro
Akhwat (Bekasi)
1 week ago on Ibadah

jamaah terlambat

Assalamu'alaikum... jika kita datang terlambat jama'ah sholat sir (masbuq), apakah kita membaca iftitah atau langsung al fatihah? ditakutkan sebelum selesai membaca al fatihah imam sudah ruku' jazakumulloh
Akhwat (Jakarta)
1 week ago on Aqidah

Pakaian Bekas Untuk Saudara

Assalamu'alaikum pak Ustadz, alhamdulillah sekarang saya sudah mantap mengenakan pakaian yg inysaallah sesuai ajaran Islam. Saya punya pakaian bekas yg masih sangat layak pakai seperti baju lengan pendek, jilbab (bukan hijab syar'i), celana jeans dsb. Apakah sebaiknya saya berikan utk adik perempuan saya (sudah baligh) atau ibu pemulung yg sering lewat depan rumah saya (dia juga biasanya berjilbab) ? Saya takut memmberikannya kpd adik/org lain justru menjadi dosa karena pakaian itu bukan pakaian muslimah syariat Islam ? Kalaupun dibuang, terlalu banyak dan kualitasnya masih sangat bagus tadz, jd saya harus bagaimana ? Terimakasih banyak.
Akhwat (Tangerang)
1 week ago on Ibadah

Ayah Tiri yg Tidak Pernah Sholat

Saya tinggal dengan ibu kandung dan ayah tiri. Semenjak 6 tahun terakhir saya tinggal dengan mereka, saya sama sekali belum pernah melihat ayah tiri saya sholat. Apa yang harus saya lakukan? Ayah tiri saya baik pada saya. Tapi untuk berbicara banyak atau bercerita saya tdk bisa.
Ikhwan (Kalimantan Selatan)
1 week ago on Fiqih

Semakin Banyak Belajar Semakin Banyak Beban Dalam Agama?

Assalamualaikum Ustadz, baru-baru ini, SalamDakwah ada memposting sebuah Kaidah Ushul yang sangat bagus sekali. Kaidah tsb berbunyi: "Tidak Tahu Dimaafkan, Kecuali Akibat Tidak Mau Menuntut Ilmu", (Tanpa menyebut teks aslinya) yang dinukil dari Kitab Syarah Mandzumah Ushul Fiqih Syaikh Utsaimin. Namun ustadz, karena keterbatasan ana, ana belum bisa menemukan kaidah tersebut dalam kitab yang dimaksud yang ana download format PDF, dengan maksud untuk mencari lafaz asli bahasa arabnya. Ana minta tolong ustadz untuk menyebutkan lafaz aslinya beserta sumber rujukan lengkapnya, karena kaidah tsb sangat ana butuhkan, berhubung salah satu kawan dekat ana sama sekali tidak mau menuntut ilmu dengan dalih takut tidak bisa mengamalkan. Sehingga kaidah tsb akan ana jadikan bahan nasehat untuknya. Jazakallah khairan ustadz.

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2017 - Www.SalamDakwah.Com