SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Ikhwan (batam)
3 days ago on Keluarga

Apakah Perlu Mengulang Akad Nikah

assalammualaikum,pak ustad.....saya sudah 3 tahun menikah...dulu saya menikah tapi melakukan zina duluan...akhir2 ini saya baca kalo nikah tapi sebelumnya zina dan belum sempat bertobat itu tidak sah ...benarkah itu pak ustad? haruskah saya nikah ulang lagi karena kami sudah bertobat.....saya dah bilang mengenai hal ini tapi suami bilang hal itu tak perlu karena kami dah nikah di kua dan sudah resmi....bagaimana menurut pak ustad?
Ikhwan
4 days ago on Aqidah

Membuat Film Nabi

Assalamualaikum pak ustadz, saya punya pikiran untuk membuat sebuah film tentang Nabi Muhammad SAW. Apakah diperbolehkan? Dan bolehkan wajah Nabi tidak di samarkan?
Ikhwan (palu)
1 week ago on Keluarga

Bolekah menikah setelah melakukan zina?

assalamualikum ustadz, kakak saya punya masalah, kaka saya menyesal telah melakukan zina dengan mantan nya yang masih berstatus istri orang , dia melakukan itu karna kaka saya masih sayang dan cinta sama mantannya,dia tak tega mantanya merasa tersiksa batin selama bertahun tahun karna tidak dinafkahi oleh suaminya,yg notbanenya dia sakit tdk bisa memberi nafkah batin ..dan selalu menerima perlakuan kasar dari suamiya,dari perbuatanya itu kakak saya sudah bertaubat dan berjanji tidak akan melakukannya lagi.kaka saya sekarang diluar kota,dan tdk pernah bertemu lagi selama setahun namun komunikasi tetap berjlan , mendengar mantannya sudah bercerai kaka saya menikahinya karna tanggung jawab dan rasa bersalah atas perbuatannya yang pernah ia lakukan dan sekarang menjadi istri sirinya,yang saya tanyakan ustazd bolekah melakukan pernikahan siri,setelah melakukan persinahan,.dari sebelumnya mereka sudah bertobat,...mohon penjelasannya pak ustazd,...terima kasih....
Akhwat (Bandung)
1 week ago on Ibadah

Jika ibadah harus selalu diingatkan

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Jika seseorang yang Sudah baligh Bahkan Sudah berumur lalu dia Kalau sholat ataupun ibadah lainnya harus selalu diingatkan. Jika tidak diingatkan dia lalai. Apakah sah sholat atau ibadahnya? جَزَاكُمُ اللّهُ
Ikhwan (selayar)
1 week ago on Keluarga

Haruskah saya penuhi permintaan cerai istri

Asslamu alaikum pak ustazd,.. saya seorang suami berumur sdh 58 tahun ,di umurku yg sudah tua ini saya sering sakit ,bahkan sakit yg kuderita ini sudah puluhan tahun,..meski sudah berobat kesana kemari namun masih tetap begini ,saya tidak bisa memberi nafkah batin kepada istri saya,..yg usianya jauh lebih muda dari saya 38 tahun,. sdh genap 8 tahun saya fakum dengan istri bahkan sejak itu sudah tidak seranjang lagi,..melihat semua itu saya sangat sedih melihat tekanan batin istri saya,.. saya sadar saya tak mampu,tapi disisi lain saya masih sayang dengan istri ,...jujur saya tidak bisa memberi kepuasan batin semenjak pernikahan kami, .meski kami telah dikarunia 5 anak,.dengan umur yang tersisa ini kudekatkan diri dengan sang pencipta,.hubungan dengan istri sudah tak harmonis lagi,..kami saling berdiam diri,hidup masing masing seperti layaknya saudara..kadang aku merasa hidup ini tak berguna dihadapan sang istri,..kadang timbul dalam benakku ingin bercerai tapi aku urungkan melihat anak anakku yg masih butuh kasih sayang kadang sifat amarahku tak bisa aku kontrol sehingg bisa memicu pertengakaran dalam keluarga,..,.kecurigaan selalu timbul dalam hati,melihat penampilan istri yg sudah berubah,bila keluar rumah,..pernah suatu waktu istri meminta cerai tapi aku menolak,bahkan sering dia meminta cerai dan akupun menolaknya,...dan aku selalu berkata kata kasar jika aku diselimuti amarah,..dan kecurigaan... apakah saya harus penuhi pemintaan istri untuk bercerai,..tapi aku berpikir bagaimana dengan anak anaku,.apakah sudah jatuh talak kepada istri saya karna sudah bertahun tahun aku tidak menafkahi batinnya,...karna dalam buku nikah menjelaskan tiga bulan berturut turut tdak memberi nafkah lahir batin sudah jatuh talak,..dan bila aku bercrai apakah masih bisa kami tinggal serumah demi anak anak,.. terimah kasih atas penjelasanya,.. .wassalamu alaikum wr.wb.
Akhwat (Bintaro)
1 week ago on Ibadah

Aqiqah Janin 21 Minggu dan Nisan Kuburannya?

assalamualaikum maaf ustad saya mau tanya, apakah wajib hukumnya janin berusia 5 bulan meninggal dalam kandungan di aqiqahi ? dan bolehkah saya memasang batu nisan di makam anak saya ? mohon dijawab ustad .Terimakasih
Ikhwan (Jakarta Timur)
1 week ago on Riba

apakah ini riba?

Assalammualaikum.. ustad mau tanya.. saya punya uang rusak (basah termakan rayap) jumlahnya 2.800.000, kemudian ada orang yang membelinya dengan harga setengahnya, yaitu 1.400.000 . apakah ini riba? jika iya, apa uang yang 1.400.000 itu haram?? bolehkah saya menggunakan uang yang 1.400.000 untuk kebutuhan sehari-hari?
Akhwat (Jakarta)
1 week ago on Keluarga

Bolehkah menikah dengan lelaki yang masih ada hubungan keluarga

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh... Ustad sy ingin bertanya, bolehkah menikah dgn lelaki yg masih ada hubungan kekeluargaan? lelaki ini adalah anak dari adik laki2 kakek saya. Ibu sya menentang hubungan kami krn menurut beliau haram hukumnya. Sya mohon utk diberikan jawaban nya ustad krn kamj sudah terlanjur menjalani hubungan yg serius dan berencana ingin menikah. Terima kasih :)
Akhwat (Pontianak)
1 week ago on Fiqih

Orang Tua Tidak Merestui Pernikahan Dengan Pacar Karena Suku Yang Berbeda

Saya ingin menikah dengan pacar saya. Tetapi orang tua saya tidak setuju karena perbedaan suku jadi orang tua saya ingin memisahkan kami. Pertanyaan saya apakah saya termasuk anak durhaka karna tidak mendengar kan kata kata orang tua saya dan apakah saya bisa menikah tanpa restu orang tua saya.
Ikhwan
1 week ago on Fiqih

Nafkah Untuk Istri dan Orang Tua Suami (Mertua)

Bismillah (Pertanyaan ini datang dari seorang ibu rumah tangga) Dlm penghasilan suami ada hak mertua (org tua suami saya) didlmnya. Brp persen dari penghasilan suami utk mertua (org tua suami saya)? Lalu jika penghasilan suami itu minim, artinya tdk bisa memenuhi kebutuhan keluarga kami, apakah tetap wajib mengeluarkn hak mertua (org tua suami saya)?
Ikhwan (Sidoarjo)
1 week ago on Aqidah

Terkadang iman goyah

Assalamualaikum, saya seorang laki-laki, terkadang rajin beribadah dan terkadang melakukan maksiat (nonton p*rn) dulu pernah ingin menghilangkan kelakuan negatif saya itu walau cuma sekedar nonton dan tidak melakukan masturbasi tapi selalu ada kondisi dimana saya itu tidak bisa menahan diri. mengaji, bermain game dll sudah saya lakukan agar pikiran saya tidak kesitu lagi tapi tetap saja kembali lagi. apa yang harus saya lakukan supaya bisa menghilangkan kebiasaan itu?
Akhwat (Sidoarjo)
2 weeks ago on Mu'ammalah

Menjual Lebihan Jatah Bahan Bakar Kapal

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. Ustadz, saya mau bertanya.. Suami saya bekerja di kapal.. nah di kapal itu misalkan pemakaian bahan bakar dalam 1 hari full itu 3 ton,,kami gunakan bahan bakar itu irit2,, lalu sisa bahan bakar nya itu di jual,, setiap kali operasi memang dijatah kantor 3 ton utk bahan bakar kapal tersebut.. hukum uang itu apa ? Lalu uang sisa bahan bakar tadi ada yg pinjam,,terus di kembali kan pakai uang gaji,, hukum uang yg di kembali kan itu kembali ke uang awal di pinjam atau uang gaji tadi ? Mohon penjelasannya ustadz.. terima kasih sebelumnya.. Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Ikhwan (bandung)
2 weeks ago on Riba

inventasi dengan penghasilan tetap dari perjanjian

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh, ustadz saya ingin bertanya. Saya berinventasi di sebuah website dengan perjanjian yang tercantum di website tersebut akan mendapatkan 1,5% per hari dari hasil uang yang kita depositkan... nah pertanyaan saya apakah uang yang saya dapatkan termasuk riba ataukah halal? sedangkan saya mendapatkan penghasilan tetap setiap harinya namun itupun perjanjian di dalam websitenya seperti itu
Akhwat (Malang)
2 weeks ago on Keluarga

Menikah Dengan Muallaf

Assalamu'alaikum ustadz, mohon pencerahannya, dalam memilih calon suami disyariatkan yang baik akhlak dan agamanya. Seandainya ada seorang Ikhwan yang berniat menikahi seorang akhwat, dimana Ikhwan kebetulan seorang mualaf, yang sedang berusaha memperbaiki agamanya, apakah si akhwat boleh menerima pinangannya? Ikhwan mengatakan sanggup untuk menafkahi lahir batin, untuk akhlaknya insyaallah baik. Jazaakillahu khairan katsiran
Akhwat (Jakarta Timur)
3 weeks ago on Riba

Terjebak Dalam Keluarga Yang Bermuamalah Dengan Riba

Assalamualaikum Wr. Wb Saya seorang mahasiswa umur 20 thn, akhir2 ini saya baru tahu bahwa ayah saya menjalankan bisnis peminjaman uang disertai bunga. Ternyata bisnis ini telah dilakukan selama 2 tahun. Saya yang mengetahui hal ini langsung memberitahu ibu saya bahwa ini merupakan dosa besar. Tapi saya tidak digubris, ayah ibu tetap menjalankan bisnis ini, Ditambah lagi ayah saya yang seorang non muslim membuat saya bingung bagaimana mengutarakan persoalan riba beserta dosa-dosanya. Sementara, semua uang makan, kuliah, pakaian di dapatkan dari hasil riba. Apa yang harus saya lakukan ustadz?

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2017 - Www.SalamDakwah.Com