SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Ikhwan (Palu)
3 days ago on Keluarga

Istri Tidak Mau Mendengar Suami Saat Hamil

Assalamualaikum. Ustadz apakah saya berdosa meninggalkan istri yang sedang hamil. Alasanya karna istri saya tidak mau dengar perkataan saya. Saya sering nasehati tentang agama. Apa lagi tetang bertauhid sama allah.namun dia hanya marah2. Apakah bisa saya ceraikan dia yang sedang hamil. Karna istri saya keras kepala dan membangkang ustadz.Syukron
Ikhwan (tasikmalaya)
5 days ago on Fiqih

Hukum Sex Phone

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ustadz. bagaimana hukumnya suami-istri melakukan sexphone saling melihat aurat, kemudian melakukan onani. شكرا
Akhwat
6 days ago on Ibadah

Tau Shalatnya Tidak Sah Tapi Malas Mengganti

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Ada segelintir orang yang ketika dia mendapati shalatnya telah batal, dia malas menggantinya.. Bahkan dia lanjut shalat dalam kondisi dia ketahui shalatnya telah batal.. Apakah org semacam ini berdosa?
Akhwat
6 days ago on Fiqih

Sudah Berusaha Menghilangkan Najis, Tetapi Baunya Masih Ada

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Bagaimana jika kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membersihkan najis berupa kencing pada (maaf) celana dalam, Tetapi baunya masih ada.. Bahkan sudah direndam di dalam air sabun namun baunya ttp tidak hilang. Apakah shalat menggunakan (maaf)celana dalam tsb atau mungkin pakaian yg lain juga jika sudah berusaha menghilangkan najisnya tetapi baunya masih ada shalatnya sah?
Akhwat ( Tangerang, Banten, Indonesia)
1 week ago on Fiqih

Baju Terkena Najis Babi

assalamualaikum,saya seorang yang tinggal di mess orang non muslim dan mereka mengonsumi daging b*bi,ketika saya kepasar untuk menemani teman berbelanja kebutuhan dapur dengan tidak sengaja setelah ia memegang daging tersebut ia memegang baju bagian bahu saya,apakah harus dibersihkan dengan 7 air yang salah satunya dengan tanah? mohon pencerahannya syukron
Akhwat (Balaraja, Tangerang, Banten, Indonesia)
1 week ago on Aqidah

mencuri mainan ketika kecil

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya pernah mengambil mainan milik tetangga ketika masih kecil,tapi mainan itu sudah hilang saya ingin meminta maaf tapi malu karena barangnya pun sudah tidak ada.apa yang harus saya lakukan? mohon pencerahannya syukron,wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Akhwat (Malaysia)
1 week ago on Ibadah

Batas Waktu Shalat Subuh?

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Kapankah batas waktu terakhir shalat subuh? Ada yg mengatakan batas terakhirnya adalah mengikut waktu syuruq. Misalnya syuruq 7:08, maka itu adalah batas terakhir shalat subuh. Apakah benar demikian. Adapula org yg mengatakan, batas terakhir shalat subuh adalah jam 7:00. Di daerah ana, sekitar 6:50 udah mulai terang. Lalu yg manakah yang benar?
Ikhwan (Palu)
1 week ago on Ibadah

Mandi Wajib Yang Dicontohkan

Assalamualaikum.ustadz saya mau tanya. Perihal mandi wajid setelah berhubungan. Apa yang pertama kali kita siram. Dan berapa kali kita siram tubuh kita. Seperti yang di contohkan oleh nabi kita syukron.
Ikhwan (Palu)
1 week ago on Keluarga

Bersalaman Dengan Mantan Suami

Assalamualaikum.ustadz saya mau tanya. Boleh kah istri saya bersalaman dengan kaka sepupu saya saat idul fitri. Sedangakan istri saya adalah mantan istri dari kaka sepupu saya. Yang sekarang saya nikahi. Apakah boleh ustadz. Syukron
Ikhwan (Papua barat)
1 week ago on Keluarga

Melamar Wanita Seorang Diri

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Ustadz aya ingin mengajukan pertanyaan seputar pernikahan. Saya sekarang sedang dekat dengan seorang akhwat, kami tidak berpacaran namun sudah sepakat untuk langsung menikah karena kami berdua sudah sama-sama saling mengenal. Yang ingin saya tanyakan adalah : Pertama apakah boleh saya mengkhidbahnya dengan datang seorang diri kerumah orang tuanya? Karena kedua orang tua saya berada di papua sedangkan rumah orang tuanya berada di aceh, dan saya dan akhwat ini sedang sama2 di perantauan. Kedua. Berapa jangka waktu yg di anjurkan dari khidbah saya di terima untuk melanjutkan ke jenjeng pernikahan? Ketiga. Apakah wajib bagi orang tua saya yang sedang berada di papua untuk datang pada saat ijab kabul nantinya? Karena saya tidak ingin memberatkan mereka mengingat jarak yang cukup jauh dan membutunkan biaya yang lumayan banyak dan saya hanya memiliki biaya yang pas pasan untuk bekal pernikakan kami. Terima kasih ustadz, mohon petunjuknya. Wassalamualaikum barahmatullahi wabarakatuh.
Ikhwan (Banjarmasin)
1 week ago on Ibadah

Saya Lupa Sujud Sahwi Tapi Waktu Sholat Sudah Habis

Saya Lupa sujud Sahwi tapi sudah di luar waktu Sholatnya. Pada Waktu Sholat Ashar saya ragu jumlah Sujud dan saya menambah sujud 1x. Namun pas akhir sholat saya lupa sujud Sahwi. Dan teringat ketika di Sholat berikutnya yaitu sholat maghrib. Bahwa saya lupa sujud sahwi di saat sholat Ashar. Bagaimana hukumnya? apakah saya mengulang sholat Ashar, Cukup Sujud Sahwi saja atau Tidak usah sama sekali?
Akhwat (Jember)
1 week ago on Keluarga

Apakah Saya Wajib Berzakat?

Assalamualaikum warohmatullahiwabarokatu. Saya fulanah seorang istri berumur 26 tahun. Saya mau bertanya. Sebelum saya menikah, saya bekerja dan selalu memberikan bulanan kepada kedua orang tua saya. Setelah menikah, saya berhenti bekerja. Kemudian suami saya yg menggantikan saya mengirim bulanan untuk orang tua saya. Dilain sisi, suami juga mengirim bulanan untuk kedua orang tuanya. Yang mau saya tanyakan. Apakah berzakat untuk orang miskin, atau sedekah yang lain masih termasuk kewajiban untuk kita. Melihat suami yg sulit untuk bersedah diluar sedekah kepada orang tua. Mohon bimbingannya. Terima kasih. Wassalamualaikum warohmatullahiwabarokatu
Ikhwan (Kota Tangerang)
1 week ago on Ibadah

Tasyakuran 4 Bulanan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Afwan ana mau bertanya mengenai tasyakuran, yang ana tahu tidak ada dalil yang meriwayatkan tentang tasyakuran 4 / 7 bulanan ana dengan istri tidak ingin mengadakannya, tetapi yang menjadi pertanyaan ana adalah mertua ana sudah menyiapkan untuk tasyakuran tanpa sepengetahuan ana dan istri bagaimana sikap untuk menghadapi hal tersebut ? jazakallahu khairan
Akhwat
1 week ago on Ibadah

Membaca Do‘a Ruku' Sekali, Sahkan Shalat?

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh ketika rukuk Apakah sah shalat ana jika ana hanya membaca do‘a ruku yaitu Subhana rabbiyyal adzim(atau do‘a ruku' yg lainnya) sebanyak 1 kali saja?
Akhwat (Depok)
2 weeks ago on Keluarga

Suami Membatasi Pemberian Istri Kepada Orang Tuanya Dari Gajinya Sendiri

assalamu'alaikum wrwb .. saya mau tanya langsung pada intinya .. saya kadang suka memberi uang lebih diluar uang bulanan yg saya berikan kepada orang tua saya kadang berupa belanjaan bulanan dari uang gaji saya bukan gaji suami, tetapi terkadang suami saya membatasi untuk memberikan uang lebih itu ,, saya bingung harus bagaimana .. satu sisi saya harus menuruti suami saya satu sisi lagi mereka orang tua saya .. apakah saya termasuk istri atau anak yg durhaka ? apa yg harus saya lakukan .. mohon pencerahannya .. wassalamu'alaikum wrwb ..

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com