SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Ikhwan (Kota Tangerang)
1 day ago on Ibadah

Antara Shalat Tahiyatul Masjid dan Qabliah

Assalaamu'alaikum, Ustadz afwan ana mau tanya mengenai shalat tahiyatul masjid: 1. Apabila seseorang mengerjakan shalat qabliyah, maka gugur untuknya mengerjakan shalat tahiyatul masjid? (bila waktu tidak mencukupi) 2. Bole hkah mengerjakan shalat tahiyatul masjid saat adzan berlangsung? Jazakallaah Khairan....
Akhwat (Bekasi)
2 days ago on Keluarga

Tidak Nyaman Tinggal Di Rumah Mertua

Assalamu'alaikum ustadz... saya tinggal dengan keluarga suami,,ibu,adiknya yg sudah punya anak(suaminya kerja diluar kota),dan adiknya yang masih kuliah,, ustadz saya sangat mengeluhkan kelakuan mertua dan adik ipar saya,,saya merasa seperti pembantu diruma keluarga suami,mertua dan ipar abis shalat subuh tdur lagi bngun jam 8 atw jam 9,sedangkan saya pagi2 sudah nyapu,ngepel,beli sarapan untuk mereka,belanja untuk masak,,sampai pulang pasar kadang mereka belum pada bangun,pernah juga waktu saya ngepel lantai,mereka sudah bangun tapi seenaknya jalan dilantai yg masih saya pel,,setiap hari saya selalu belikan mereka sarapan,,saya masak didapur mereka sarapan sambil ngobrol2,ketawa ngakak,,sekitar jam 10an mereka tidur lagi bngun set 1 abis itu tsur lagi sampau ashar,,gda yang peduli sama saya,,ade ipar yang udah punya anak pun gak pernah ngapa2in klo dirumah,tapi ustadz saya merasa mertua saya sering cari perhatian dgn suami saya,,contohnya malam sekitar jam kira2 suami mau pulang mertua suka megang kerjaan,entah itu gosok baju,atw nyuci piring,sampai nanti suami bilang ke mertua "ibu...udh bu,udh malem,cape istirahat jangan berbenah terus"...saya cuma bisa sabar ustadz ngeliat kelakuan mertua kaya gtu,,karna saya ngerasain betul bedanya ada suami sama gak ada suami,pernah juga pas sahur bln ramadhan,kalo ada suami pasti mertua saya bangun trus langsung kedapur,,sedangkan klo gda suami saya mertua saya dibangunin tapi malah tidur lagi,,bangun jam 4,makanan udh saya siapin semua setelah itu dy bangunin anak2nya termasuk anaknya yang udh punya anak,, saya sering ngeluh sama suami,sering nangis,,tapi suami cuma bilang sabar,nanti abis lahiran pindah,kadang suami juga marah klo saya mengeluhkan kelakuan keluarganya,,mungkin karena apa yang saya keluhkan ke suami gak pernah sesuai sama apa yang dilihat suami,, saya harus gmn dgn mertua saya ustadz,,msaya berusaha melayani mereka tapi knp mereka cuma pura2 baik didepan saya,,pernah pas saya maaf (muntah2) dikamar mandi,,mertua ngomongin saya dibelakang,,"hamil udh 6bln masih aja muntah2" tapi pas saya keluar dri kamar mandi,mertua senyum2 manis sekali,, saya terlanjur membenci mertua saya ustadz...apalagi kalo inget waktu suami ngumpulin uang sama ibunya buat nikah dgn saya,tapi setelah ditanya uang udh terkumpul berapa ibu mertua bilang uangnya gda,dan gak jelas uang itu kmm,padahal setiap bulan suami sedah kasih uang bulanan,,suami gak bisa apa2,karena dy sayang bgt dgn ibunya,,akhirnya kami ngumpulin uang dri nol lagi,,sampe pas hari kita nikah uang blm semua terkumpul kami punya utang banyak sama orang catering,nunggak pembayaran,,setelah suami gak tau lagi harus gmn,mertua menawari pinjaman uang untuk melunasi catering,,yang saya pikirkam kenapa mertua saya bisa punya uang sebanyak itu sedangkan dy selalu mengeluhkan gak punya uang,, ustadz apa yang harus saya lakukan agar hati saya berdamai dengan keadaan dan kelakuan mertua dan ipar saya...????
Ikhwan (kalsel)
1 week ago on Fiqih

apakah harus jujur pada orang tua (2)

apabila orang tua/saudara (kakak/adik) telah curiga dan menanyakan apakah sdh tdk perawan, apakah harus dijawab jujur?
Akhwat (Banfung)
1 week ago on Fiqih

Pertanyaan sambungan dari pertanyaan 6931-zakat-penjualan-sawah

Assalaamu'alaikum.wr.wb, Pak Ustadz, maaf ini menyambung pertanyaan 6931. Tanah sawah yang mau kami jual itu adalah sawah warisan, jadi bukan sawah yg dibeli untuk diperjual belikan, kemudian hasil penjualannya akan dibagikan kepada para ahli waris. Jazakumullaahu khairan katsiraan atas jawaban Ustadz.
Akhwat (Balikpapan)
1 week ago on Keluarga

Hukum tentang ucapan perceraian

Assalamualaikum ustadz, saya mau tanya, bagaimanakah hukumnya jika dalam sebuah rumah tangga, setiap kali ketika ada masalah, seorang suami kerap kali berkata cerai?? Apakah sudah jatuh talak jika kata cerai, diucapkan saat emosi?
Ikhwan (kalsel)
1 week ago on Fiqih

apakah harus jujur pada orang tua

Assalamualaikum, sy ingin bertanya apakah jika sdh pernah berzina dan sdh tdk perawan, apakah harus jujur kepada orang tua. terima kasih
Ikhwan (DIY)
1 week ago on Aqidah

Hukum Mengantar Orang Ke Dukun/ Paranormal

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh Ustadz. Bismillah Semoga Allah senantiasa memberkahi kehidupan kita di dunia dan menganugerahkan keselamatan di akhirat. Di waktu yang lampau saya pernah diminta teman untuk mengantarnya ke Dukun/Paranormal, saat itu saya tdk sadar kemana tujuan kami, ketika kembali baru saya mendapatkan informasi bahwa yang kami datangi adalah Dukun/ Paranormal. Saat ini saya alhamdulillah sdh lebih mengenal masalah tauhid dan syirik. Saya menyesali kejadian tersebut, dan insya allah bertaubat. Yang menjadi pertanyaan saya apakah hukumnya saya mengantar dapat disamakan dengan pelaku syiriknya, mohon maaf krn selama ini hal ini masih saja mengganjal di pikiran saya? Terima kasih, Mr.O
Ikhwan (padangsidimpuan)
2 weeks ago on Fiqih

ruqyah asmaul husna

Assalamu'alaikum.. Ditempat saya ada aktifis ruqyah, mereka mengatakan metode ruqyah mereka adalah ruqyah asmaul husna. bagaimana sebenarnya metode ini? bolehkah kita mengamalkannya?
Akhwat (bandung)
2 weeks ago on Fiqih

Zakat hasil penjualan sawah

Assalaamu'alaikum wr. wb, Ustadz, kami akan menjual tanah sawah kami. Dari hasil penjualan sawah tersebut, berapa zakat yang harus dikeluarkan ? Menghitungnya dari hasil brutto atau netto ? Jazakumullah khairan katsiiran atas jawaban Ustadz.
Ikhwan (Cikarang Selatan, Bekasi)
2 weeks ago on Ibadah

Awak Kapal Meninggal

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. ustad saya ingin bertanya mengenai kematian, saya Minggu depan insyaallah akan memulai pekerjaan saya sebagai pelaut, yg ingin saya tanyakan jika saya meninggal akibat kecelakaan atau hal lain nya yg mengakibatkan saya tenggelam apakah saya termasuk golongan orang yang mati syahid ? mohon dijawab pak ustadz.. wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Akhwat (balikpapan)
2 weeks ago on Keluarga

suka berkata cerai

Assalamualaikum ustadz, mau tanya. Bagaimanakah hukumnya bagi seorang suami yang seringkali berkata cerai kepada istrinya, dan sudah lebih dari 3 kali?? apakah sudah jatuh talak?? lantas jikalau ingin berbaikan lagi bagaimana caranya? apakah harus menikah ulang?
Ikhwan (Malang )
2 weeks ago on Mu'ammalah

Hukum kerja sebagai akuntan

Assalamu 'alaikum Ustadz, Mohon penjelasan untuk hukum bekerja sebagai akuntan yang telah umum di negeri ini, akuntansi konvensional. Pada kenyataannya bekerja sebagai akuntan tersebut berkecimpung dalam riba, misalnya mengakui/mencatat pendapatan luar usaha. Pendapatan luar usaha ini biasanya berupa pendapatan bunga (riba) dari akun bank konvensional perusahaan. Dan juga bekerja sebagai akuntan di perusahaan dagang apabila ia pada posisi AP (account payable) atau posisi AR (account receivable), mereka biasanya mengakui/mencatat pengeluaran dan penerimaan dari transaksi jual beli secara kredit yang dilakukan perusahaan, dan umumnya transaksi secara kredit tersebut terdapat bunga (riba). Dari keadaan tersebut apakah benar profesi sebagai akuntan haram Ustadz, karena termasuk yang mencatat dan menjadi saksi atas riba seperti yang tersebut pada hadits dibawah ini? Dari Jabir dia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melaknat pemakan riba, orang yang menyuruh makan riba, juru tulisnya dan saksi-saksinya." Dia berkata, "Mereka semua sama." (HR. Muslim 1589) Mohon penjelasannya Ustadz, supaya lebih mantap, karena dijelaskan oleh yang punya kapabilitas. Terima kasih.
Ikhwan (tegal)
2 weeks ago on Ibadah

Jumlah Adzan Shalat Jum'at?Shalat Setelah Adzan Pertama Jum'at?

assalamualaikum warahmatullahi wabarahkatu . yang termasuk sunnah rosul pada saat sholat jum,at . adalah dengan dua adzan atau satu . misal satu dan didaerah kami masih satu ,. dan biasannya klo 2 adzan ,ktika adzan yg pertama sholat sunnah ., apa yg hrus sya lkikan tetap diam atau ikut sholat ,. krn setau sya dlm sholat jum,at cuma ada sholat tahyatul masjid ketika datang . dan sholat jum,at itu tersendiri . mohon jawabannya jazzakumullah khiron.
Ikhwan (Jambi)
2 weeks ago on Aqidah

Menikahi wanita yang di zinai tapi wanita tidak ingin dengan lelaki tersebut. apa harus ikhlas ?

Assalamualaikum ustadz semoga selalu di berkahi. Saya pernah melakukan zina (meniduri) dengan mantan saya. Dan sekarang kami memutuskan untuk saling menjauhi dan memperbaiki diri karna sadar yang di perbuat adalah dosa. Dan sekarang perempuan(mantan) itu malah memperbolehkan lelaki lain dekat dengan nya. Dan sudah timbul perasaan suka di antara mereka dikarnakan satu tempat kerja. Saya merasa hijrah perempuan ini belum sepenuhnya. Dengan alasan hijrah dia menjauhi saya dan mendekati orang lain. Itu menjadi penyakit hati saya. Dan lelaki yg di dekatinya pun sudah tau kalau perempuan ini sudah pernah berzina dengan saya. Sekarang saya selalu mengingatkan ke perempuan ini supaya memperkuat hijrah nya . Karna saya ada niat menikahinya dan sangat menunggu waktu itu akan datang. Memang saya akan menikahi tidak sekarang. Setidaknya 2 tahun kedepan. Ketakutan saya dia melakukan perzinahan (pacaran atau berhubungan lebih) lagi dengan lelaki tersebut selama saya berusaha mengumpulkan dana untuk menikahinya . Saya merasa bertanggung jawab atas yang saya perbuat. Pertanyaan saya. Apakah saya harus ikhlas dan membiarkannya dekat dengan lelaki lain ? Padahal kami sudah sama2 merencanakan pernikahan ? Tapi sekarang dia tidak ingin lagi dan membatalkan semua yg sudah di rencanakan. Apakah saya salah berusaha menikahinya walaupun dia tidak punya perasaan lagi dengan saya ?
Ikhwan (padangsidimpuan)
2 weeks ago on Fiqih

Pengajian Bermacam-Macam Ustadz

ada suatu pengajian atau yayasan yg katanya sunnah membuat pengajian rutin tiap hari ahad ditiap pekannya temanya beda ahad 1 riyadussolihin oleh ustadz A ahad 2 tafsir oleh ustadz B ahad 3 kitab imam ahmad oleh ustadz C ahad 3 tajwid ustadz D dari Ke 4 ustadz ini cuma 1 ustadz yg memang bermanhaj salaf..yg tiganya lagi karena memang banyak jamaahnya/terkenal didaerah itu. tidak tau apa tujuan panitia pengajian ini sebenarnya! bagaimana pandangan ustadz tentang pengajian ini? apakah boleh untuk di ikuti?

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2017 - Www.SalamDakwah.Com