SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Ikhwan (Bangkalan)
9 hours ago on Ibadah

Apakah Sholatnya Sah?

Assalamu'alaikum. Ustad ana mau bertanya, bagaimana jika kita tidak membaca surat pendek dalam rokaat kedua sholat subuh? Hanya membaca al fatihah saja. Apakah sholatnya sah atau tidak? Terimakasih :)
Akhwat (Sulawesi)
4 days ago on Fiqih

Mendoakan Yang Bukan Mahram

Assalamualaikum ustad, saya mau bertanya . Ada seorang akhwat yang mendoakan seorang laki2 . Laki2 itu muslim tp belum hijrah sepnuhnya pada sunnah. Dia jenggotan tp blum cingkrang dan masih suka pada hal2 yg msih di hramkan sperti musik dan olahraga ekstrem sperti tinju. Apakah boleh sperti itu ustad mendoakan seorang laki2 yg bukan mahram agar hijrah pada sunnah. Jazakumullahu khayraan .
Akhwat (Sumatera selatan)
4 days ago on Aqidah

Bekerja Dengan Syarat Membayar Sejumlah Uang?

Assalamualaikum,,, pak uztad, maaf sebelumnya saya bercerita sedikit. Waktu itu saya lagi mencari pekerjaan, saya mencari info pd teman saya yg sudah bekerja di sebuah perusahaan. Teman saya bilang, kalo mau bekerja di perusahaan ini harus pake uang karna teman saya pun masuk bekerja dimintai uang. Awalnya saya ragu, tapi saya butuh pekerjaan. Karna tidak ada sm sekali niat di hati saya to menyuap. Kalopun saya disuruh tes waktu itu tanpa uang pun saya mau. Lanjut, Berkas2 syarat pekerjaan sdh saya berikan kpd pihak perusahaan. Tp pihak perusahaan meminta sejumlah uang, dg terpaksa saya berikan. (dan uang itu saya peroleh dg meminjam kpd kluarga saya). Setelah bbrp minggu saya langsung bekerja sampai saat ini. Namun, saya merasa gundah karna saya baru tau dan mendengar bahwa bekerja dg cara menyuap itu haram. Mohon pencerahannya pak uztad, bagaimana hukumnya pekerjaan saya ini, karna jujur saja saya tidak ada niat to menyuap? Dan bagaimana hukum gaji saya selama ini? Dan apakah saya harus berhenti dr pkerjaan saya atau tetap diteruskan? Syukron , waalaikumsalam pak ustad.
Ikhwan (Surabaya)
5 days ago on Ibadah

Mendiamkan Tetangga Yang Angkuh

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Saya mempunyai masalah yang terbilang cukup sepele dengan tetangga saya yang entah bagaimana masalah itu membesar hingga sekarang. Sebelumnya, ketika hari raya idul fitri saya berusaha untuk bersilaturahmi, tapi tetangga saya mudik jadi saya memutuskan untuk mengucapkan permintaan maaf lewat pesan singkat - namun dia tidak membalasnya. Dan ketika dia sudah balik dari mudik, insyaAllah dengan niat tulus saya bermaksud untuk bersilaturahmi ke rumah dia, tapi pagar dan pintu rumahnya selalu tertutup rapat. pada kesempatan lain, ketika saya punya acara aqiqah putri, entah dengan kesengajaannya atau tidak, dia tidak datang dan menghindari undangan saya. dan puncaknya beberapa waktu lalu ketika dia membeli mobil baru, diwaktu sore hari saya mengajak putri untuk jalan-jalan di komplek perumahan, saya lihat dia mencuci mobil barunya, dan saya mencoba menyapanya tapi dia malah melotot seolah-olah mengatakan "apa lihat-lihat", saya coba ulangi sapaan saya tersebut sebanyak tiga kali tapi dia malah memalingkan wajah. di lain waktu, dia juga tidak membalas sapaan istri saya pada dia. Apa yang harus saya lakukan terhadap tetangga seperti ini?! apakah saya cukup mendiamkan saja atau bagaimana ?! Mohon bantuannya. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Akhwat (Medan)
5 days ago on Keluarga

Orangtua Suami Lebih Utama Daripada Orangtua Kandung?

Assalamu’alaykum ustadz. Saya mendengar dari calon suami saya, dia mendengar dari ustadz Sunnah di Medan, katanya sebagai seorang istri harus mengutamakan orangtua suami dibandingkan orangtua kandung. Saya beritahu orangtua saya dan orangtua saya sangat tidak setuju. Saya juga cari referensinya di yufid tidak ada. Apakah benar seperti itu ustadz? Jazakallahu khoir
Ikhwan (Bandung)
1 week ago on Aqidah

Saran dan Rekomendasi Da'i

Assalamua'alaikum Afwan mohon beri rekomendasi terkait da'i yang menjelaskan tentang Tauhid Jazakumullah Khair
Akhwat (Medan)
1 week ago on Keluarga

Suami Yang Bermasalah

Assalamualaikum Ustad. Saya seorang istri yang bekerja dan memiliki seorang putra yang masih kecil. Selama ini saya bingung dan ragu, dan tidak tahu mau bertanya kepada siapa.. Pada saat akan menikah suami sudah berbohong tentang mahar dan hantaran yang dia janjikan akan di bayarkan jika ada rezeki, tetapi selama 8 tahun pernikahan suami tidak pernah mengganti hal itu padahal pada saat itu dia memiliki rejeki yang lebih, dan selama pernikahan saya yang terus bekerja dan memenuhi kebutuhan rumah tangga, suami memang ada sedikit membantu taoi tidak konsisten di karenakan dia tidak mempunyai pekerjaan tetap, dan ketika dia mendapatkan rejeki dia selalu berbohong dan tidak jujur kepada saya, bahkan terkadang uang dari saya pun dia bohongin untuk bayar sesuatu padahal tidak, dan nafkah batin pun tidak dapat dia berikan selama 6 tahun terakhir di karenakan penyakit, yang dia sendiri tidak mau memeriksakannya.. tetapi segala kesalahan dan tanggung jawab di tujukan kepada saya,, malah belakangan ini dia menjelek-jelek an ibu saya. padahal selama pernikahan ibu saya yang banyak membantu saya dalah hal materi dan semuanya.. Apa yang harus saya lakukan ustad?
Ikhwan (Cilacap)
1 week ago on Ibadah

Veneer Gigi

Assalamualaikum... Ustadz saya mau nanya,Saya mempunyai masalah dengan gigi saya dan gigi saya membuat saya sangat tidak percaya diri... Apakah boleh saya merubah gigi saya dengan melakukan venner gigi... Apa hukumnya dan apakah dosa
Akhwat (Tangerang)
1 week ago on Keluarga

Apakah Perlu Dizakati?

Assalamualaikum, ustad saya mau tanya. Orang tua saya menjual rumah dan dari hasil penjualannya saya dikasih 10jt. Berapa zakat yg harus saya keluarkan dari uang pemberian orang tua saya?
Ikhwan (Samarinda)
2 weeks ago on Fiqih

Bagaimana Sikap Saya Bila Demikian

Assalamualaikum..jadi gini ustadz saya sering merasakan seperti ada tetesan yg keluar dari kemaluan tetapi setelah saya liat tidak ada yg basah dari celana saya..mohon jwabannya ustadz.
Akhwat (Madiun)
2 weeks ago on Keluarga

Suami Mendiamkan Istri

Suami tiba-tiba marah dan jika di ajak bicara tidak mau menjawab hanya diam saja. Saya sudah berusaha mengajak bicara baik-baik tapi tidak pernah di hiraukan,saya merasa tidak memiliki kesalahan padanya. Saya mengerti jika dalam islam tdk boleh mendiamkan seseorang lebih dari 3hari. Mohon solusinya ?
Ikhwan (Tangerang)
2 weeks ago on Keluarga

Bila Wali Enggan Menikahkan

Assalamualaikum Ada seorang wanita yg ingin keluar dari kehidupan sehari-harinya, dengan menikah dg seorang pria. Karena kondisi orang tua (ayah) yang kasar dan jauh dari ajaran agama. Si pria sudah pernah datang ke rumah perempuan untuk melamar namun ditolak oleh sang ayah. Apakah boleh mereka menikah dg wali adhol? Mohon penjelasan dan pandangan syar'i untuk masalah ini. Jazakallahu khair
Ikhwan (Jakarta)
3 weeks ago on Fiqih

Berjuang Untuk Menjadi Sosok Yang Lebih Baik

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Saya ingin bertanya apakah salah jika memperjuangkan seorang akhwat yang mana bapak kakak nya tidak menyetujui.. Singkat nya, akhwat tersebut adalah adik perempuan dari sahabat dekat saya. Saya dan kakak nya kenal lama, bahkan saya dulu ini adalah pendosa rutin. Suatu saat saat adik nya merantau bersama kakak nya, saya seperti mendapat syafaat dari nya..ia tau bagaimana saya berperilaku tentang segala keburukan saya, perlahan demi perlahan saya mengenal ternyata saya baru tau dia seorang santri. Lalu seiring waktu akhwat ini membimbing saya perlahan, mulai dari shalat, mengaji, dan hukum hukum agama. Saya terkejut ada seorang akhwat yang peduli dengan saya, menarik dari sisi gelap menuju cahaya. Lalu saya berfikir saya jatuh hati kepadanya dan ingin selalu belajar lebih tentang islam, lalu saya mengutarakan ingin mengkhitbah nya saat dia lulus kuliah nanti dan saya akan datang ke orang tua nya. Disaat itu dia menceritakan ke kakak nya, dan kemudian kakak nya melarang untuk berhubungan dengan saya. Sampai kakak nya menceritakan segala keburukan saya kepada orang tua nya, sehingga orang tua nya berpadangan saya manusia berbahaya. Kemudian orang tua nya melarang untuk berhubungan dengan saya. Sedangkan adik nya mengetahui kebenaran nya, yang mana kakak nya tidak pantas mengatakan demikian. Karna kakak nya masih melakukan semua keburukan yang dikatakan nya, adik nya hanya berpasrah tidak bisa melawan orang tua nya apalagi mengatakan yang sebenarnya. Karna ia takut kakak nya akan membenci dirinya. Apakah saya tidak pantas berhijrah, atas segala keburukan yang saya lakukan? Apakah saya tidak bisa memperjuangkan untuk mengkhitbah nya? Yang saya tau selama itu kebenaran dan demi kebaikan di jalan allah, kita tidak perlu takut apa yang akan dilakukan manusia. Apalagi menciptakan kebencian kekal. Dan yang saya tau apabila kita ingin mengkhitbah akhwat kita segera menyampaikan kepada orang tua nya, bukan meminta izin dari kakak nya.. Dengan orang tua nya membenci saya atas aib masa lalu saya, saya bingung mengambil sikap. Terima kasih dan mohon maaf apabila terlalu panjang. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Ikhwan (Jawa Tengah )
3 weeks ago on Fiqih

Apakah Batal Shalat Saya

Assalamu'alaikum ustaz. Saya mau tanya, tadi sebelum sholat saya merasa ada yg mengganjal di area kemaluan. Lalu saya tidak hiraukan,nah kondisinya di ujung saluran keluar kencing menempel/seperti lengket di celana dalam, setelah sholat saya cek ada seperti bekas tp saya ragu. Pertanyaannya adalah apakah saya harus mengulang sholat karena saya merasakan ada yg menempel tp saya tidak menghiraukannya?
Ikhwan (Jakarta)
3 weeks ago on Riba

Pinjam Uang ke Orang Tua

Assalamuálaikum Wr Wb, Selamat pagi ustadz, maaf saya langsung ke poin pertanyaan saja, beberapa bulan lalu saya meminjam uang ke orang tua saya (ibu), dan sampai saat ini belum saya lunasi. bagaimana kah sifatnya, apakah tergolong riba jika saat ini saya belikan orang tua saya pulsa? dimana sebelum saya pinjam uang ke orang tua, saya juga sudah sering membelikan beliau pulsa, mohon tanggapan ustadz atas pertanyaan saya ini, atas jawabannya saya ucapkan terimakasih

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2018 - Www.SalamDakwah.Com