SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Akhwat
3 days ago on Fiqih

Anak Sepupu Apakah Termasuk Mahram

Bismillah.. *Catatan :- Anak dari kakak perempuan ayah saya (sepupu saya) Ana mempunyai sepupu laki-laki yang memiliki seorang anak laki-laki, apakah anak laki-laki dari sepupu laki-laki ana adalah termasuk mahram ana?
Akhwat (Jakarta)
4 days ago on Fiqih

Menyebut Kejelekan Orang Tanpa Menyebut Nama

Assalamualaikum Warahmatullah, pa ustad termasuk ghibah yg dibolehkan tidak jika membicarakan kejelekan orang/seseorang tanpa menyebut nama atau orang yang tidak dikenal? terimakasih. Wassalam.
Ikhwan (Bekasi)
5 days ago on Keluarga

Mempertahankan Rumah Tangga Ataukah Menyudahinya

Assalamualaikum pa ustad.. Saya mohon petunjuk, apa yang harus saya lakukan. Pernikahan kami sudah 12 tahun dan dikaruniai 2 orang anak, tapi hati saya masih gundah dan gelisah tentang hubungan pernikahan, karena dulu saya menikah dijodohkan oleh orang tua dan sampai bertahan demi orang tua, anak-anak dan harta, apa yang harus saya lakukan? tetap mempertahankan pernikahan atau menceraikan isteri saya? Dan berkata jujur kepada isteri bahwa saya tidak mencintainya?
Akhwat (Tangerang)
6 days ago on Fiqih

Hobi Main Piano

Assalamualaikum ustadz/ustadzah Saya ingin bertanya, saya pernah liat video orang bermain piano lalu saya kagum dan tiba-tiba berkeinginan untuk bermain piano juga. Tapi menurut Islam, bermain musik itu haram. Kalo misalkan saya bermain piano untuk sekedar hobi apakah tetap haram? Sekian Wassalamualaikum.
Ikhwan (Bandung)
6 days ago on Keluarga

Menyukai Wanita Yang Masih Bersuami

assalamualaikm...mau tanya ustdz, temen suka sama akhwat, trs dia ungkapin rasa suka sama akhwat tsb yg telah bersuami, stlh tmn ungkapin rasa sukanya k akhwat tsb, trs si akhwat jadi ingin minta cerai sama suaminya...apakah temen sy itu sdh melakukan dosa takhbib? mhon penjelasannya ustadz.
Ikhwan (Bandung)
1 week ago on Keluarga

Menggunakan Hadiah Kelahiran Untuk Biaya Aqiqah

Bismillahirrahmanirrahim assalamualaykum ustadz... Dimasyarakat jika ada seorang istri yg melahirkan selalu diberi amplop berisi uang dgn niat untuk anaknya...jika uang tersebut dipakai untuk aqiqah apakah boleh karena aqiqah itu kewajiban seoranh ayah
Ikhwan (Bandung)
1 week ago on Keluarga

Istri Sering Menolak Ajakan Suami

Asalamualaikum. Apa hukum nya jika istri sering sekali menolak Berhubungan dengan suami......
Akhwat (Jakarta)
1 week ago on Keluarga

Masalah Dalam Rumah Tangga

Assalamualaikum pak ustadz mohon maaf saya ingin bertanya apakah boleh dalam Islam bercerai dengan alasan suami jarang memberi nafkah, menyakiti lahir dan batin istri, serta tidak mau menjalankan ibadah? Mohon di jawab pak ustadz Terima kasih wassalamu'alaikum warahmatullahi wb.
Ikhwan (garut)
2 weeks ago on Keluarga

Bagaimana Keputusan Yang Tepat

assalamualaikum pa ustad , ingsaallah sebentar lgi sya akan menikah , saya mau bertanya , dan disitu saya berjanji 60jt mw bayar untuk biaya perniakahaan , dan ternyta dibtengah hari H sya kurang 4 jta , dari pihak wanita tidak mau tau uangny harus ada , apa yg harus saya lakukan sedangkan keaungan saya sudah habis2an ? mohon petunjuknya pa ustad
Akhwat (Malaysia)
2 weeks ago on Ibadah

Tidak Diizinkan Orang Tua Untuk Mengeluarkan Zakat

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Tahun lalu ana pernah mengatakan pada org tua untuk mengeluarkan zakat fitrah. Tapi mereka mengatakan bahwa “kita ini bukan orang kaya". maka saya pun mengatakan bahwa zakat fitrah itu dikeluarkan dengan makanan pokok, tapi mereka tetap tidak memperdulikan ana. Padahal dirumah kami beras masih banyak dan biasanya kalau waktu idul Fitri itu masaknya nggak pake beras yg biasa dipakai, jadi beras biasa masih tersisa banyak... Pertanyaannya, bagaimanakah saya bisa mengeluarkan zakat fitrah, sementara orang tua saya tidak mengizinkan saya keluar rumah untuk menunaikan zakat dan merekapun tidak mungkin mengeluarkannya. Dalam waktu yang sama saya pun tidak tahu banyak tentang jalan karena saya kemana-mana dihantar oleh ayah saya
Ikhwan (Palembang)
2 weeks ago on Keluarga

Bila Istri dan Mertuanya Tidak Cocok

Assalamualaikum ustadz.. Saya mau bertanya.. Saya dan istri saya tinggal di rumah bersama kedua orang tua saya (suami). Namun, disamping itu istri saya merasa tidak nyaman dengan perlakuan mertua (org tua suami) terhadap dirinya (istri), di karenakan orng tua suami menyuruhnya semena-mena dan membuat istri saya menangis/ sakit hati/kecewa. Dalam islam mengajarkan bahwa, apabila Seorang Istri yang sudah bersuami maka istri wajib patuh kepada suami. Terus Seorang suami harus memprioritaskan ibu/ orang tuanya dari pada istri dan anaknya. Di samping itu juga, seorang suami wajib menjaga, melindungi dan mengayomi istrinya serta menjalankan janji2 yg telah di sampaikan pada saat Akad Nikah. Apa yang harus saya lakukan sebagai suami ?
Akhwat
2 weeks ago on Ibadah

Menghadap Kiblat Dengan Miring

Assalamu‘alaikum warahmatullah wabarakatuh. Kiblat di rumah ana kalau dilihat melalui kompas, arah nya agak miring ke kanan. Apakah di saat shalat, ana harus memiringkan sajadah dan posisi ana ketika shalat? Jika tidak dimiringkan apakah shalat bisa batal?
Akhwat (Tangerang)
2 weeks ago on Keluarga

Bila Suami Tidak Mengajak Hubungan Intim

Assalammualaikum ustadz, bagaimana hukumnya jika seorang suami jrang atau tdak pernah mengajak istri berhubngan, 2bln skli kadang blum tentu ada, istri mengajak brhbngan kadang d lakukan kadang tdak, bagaimana menurut ustadz, dan apa yg hrus istri lakukan ?
Akhwat (Bandung)
2 weeks ago on Keluarga

Selingkuh Karena Suami Bermusuhan Dengan Orang Tua

Assalamu'alaikum ustadz, sblumnya saya mau cerita sedikit, seseorang d nikahkan oleh org tuanya dngn lelaki plihan orgtuanya yg sma sekali tidak dia cinta dan meningglkan pasangan yg dia cinta demi tidak durhaka pada org tua. Setlah mnikah mraka d karuniain sorang anak permpuan, tp seiring brjalannya waktu suaminya tidak pernah akur dengan keluarga istrinya dan sllu dlm pertngkaran, pdahal isrti sllu mengajak akur dngan org tuanya, stlh itu krna pertngkaran itu si istri khilaf melakukan perbuatan zinah dengan lelaki lain, dan mempunyai anak, tpi si suami tdak tau bahwa itu anak dri lelaki lain, stlah 2thun kemudian suami ttp tdak brubah dan masih dingin trhdap ortu s istri, s istri ngobrol blng sma ortunya klo dia ingin cerai, dan org tuanya smua kptsan sma s istri, dan istri pun ingin bercerai dngn alasan suami tdk pernah akur dan sbnarnya tdak sanggup dngan kslahan sndri krna mlakukan dosa bsar jg, menurut ustadz bagai mana yg sharusnya d lalukan si istri ? Tpi dia jga tdak boleh menutupi siapa ayah kandung anak k2 nya trsebut kan ustadz ?
Akhwat
2 weeks ago on Ibadah

Siapa Yang Menanggung Zakat Fitrahnya

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Ibu saya bekerja, sementara ayah saya tidak. Saya merupakan anak yang masih di bawah tanggungan orang tua. Dan saya mempunyai seorang kakak perempuan yang sedang menunggu tawaran kerja. Pada saat membayar zakat fitri, siapakah diantara orang tua saya yang wajib menanggung zakat untuk diri mereka. Dan Apakah kakak saya yang masih menunggu tawaran kerja itu zakat fitrinya ditanggung oleh orang tua kami atau dia keluarkan nya sendiri? Dengan catatan bahwa sebelum ini kakak perempuan saya sudah pernah bekerja tetapi dia berhenti dari pekerjaannya tersebut

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com