jQuery Mobile Framework

Navigation Search

Tanya Ustadz

Hukum bersalaman dengan lawan jenis yang bukan mahram

Rabu, 21 November 2012 , 21:51:21
Penanya : Ikhwan
Daerah Asal : Medan

Assalamu'alaikum ustadz,

Mohon dalil yang shahih untuk hal tersebut ustadz, dan bgmn solusi untuk mengatasi hal tsb mengingat hal tsb adalah persoalan biasa bagi masyarakat sekarang. Terima kasih

Jawab :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
لَأَنْ يُطْعَنَ فِي رَأْسِ أَحَدِكُمْ بِمِخْيَطٍ مِنْ حَدِيدٍ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَمَسَّ امْرَأَةً لَا تَحِلُّ لَهُ. أخرجه الطبراني في المعجم الكبير رقم 486. قال عنه الألباني حسن صحيح. انظر صحيح الترغيب والترهيب رقم 1910

“lebih baik kepala salah seorang dari kalian Ditusuk dengan jarum besi daripada menyentuh wanita yang tidak halal baginya.”

Hadits ini derajatnya dikatakan oleh syaikh Al-Albani Hasan Shohih, ini brerarti hadits tersebut masih bisa dijadikan landasan hukum dalam Islam.

Adapun teknis menghindari salaman dengan lawan jenis non-mahram, itu bisa dilakukan dengan memberi isyarat bahwa dia tidak ingin bersalaman dengan lawan jenis non-mahram, dengan tetap memberi hormat kepada non mahram yang mengajak salaman tersebut. Seandainya kala itu nasehat dan keterangan hukum diberikan kepada orang yang tidak tahu hukum bersalaman dengan non-mahram tersebut maka itu lebih baik.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

Oleh : Mukhsin Suaidi
Sudah dibaca oleh 982 orang

Share:

Follow Us: