jQuery Mobile Framework

Navigation Search

Tanya Ustadz

Bekerja di Bank

Senin, 21 Mey 2012 , 22:05:07
Penanya : Akhwat
Daerah Asal : Jakarta

Assalamua'alaikum
kan
Ustad, saya mau bertanya mengenai bekerja di Bank. Saya adalah seorang ibu yg bekerja di Bank Swasta. saya juga adalah seorang single parent, yg membiayai 3 orang anak. (suami saya meninggal 2 thn yg lalu). saya mendengar dari teman klu bekerja di Bank adalah Haram. mohon penjelasannya. (Sedangkan anak2 masih butuh biaya untuk pendidikanya). Terima kasih.

Jawab :

kita ketahui bersama bahwa bank pada zaman sekarang merupakan lembaga yang bermuamalah dengan riba, dan orang-orang yang bekerja di sana secara otomatis ikut membantu dalam dosa, dan ini dilarang. Allah ta'ala berfirman:

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ
وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
(المائدة:٢)
dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya.

dan orang-orang yang menjabat posisi tertentu di bank bisa termasuk orang yang dilaknat oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, Rasul bersabda:
«لَعَنَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آكِلَ الرِّبَا، وَمُؤْكِلَهُ، وَكَاتِبَهُ، وَشَاهِدَيْهِ» ، وَقَالَ: «هُمْ سَوَاءٌ»أخرجه مسلم رقم 1598

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pemakan riba (rentenir), orang yang menyerahkan riba (nasabah), pencatat riba (sekretaris) dan dua orang saksinya.” Beliau mengatakan, “Mereka semua itu sama.”

dan bekerja di bank termasuk dosa besar. lihat Fatwa Ibnu baz dalam bahasa Arab di http://ibnbaz.org/mat/3959

kami doakan semoga anda bisa meninggalkan pekerjaan yang diharamkan ini dan mendapatkan pekerjaan pengganti yang jauh lebih baik sehingga anda bisa membiayai anak-anak anda dengan harta yang bersih

Oleh : Redaksi Salam Dakwah
Sudah dibaca oleh 177 orang

Share:

Follow Us: