jQuery Mobile Framework

Navigation Search

Forums - Kompilasi Tanya Jawab

HUKUM MEMBACA SURAT YASIN

Selasa, 24 April 2012 , 22:53:52
Oleh : Ummu Adam

Pertanyaan :

Bagaimana dg membaca surat Yasin? Krn kebanyakan org lebih sering membaca Yasin.

Jawaban Oleh Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz, Lc,MA :
(Disusun Di BBG Majlis Hadits)

Bismillah. Membaca surat Yasin adalah termasuk ibadah yg bagus dan besar pahalanya jika niatnya ikhlas krn Allah. Apalagi disamping membacanya dia juga mentadabburi makna dan pelajaran serta berusaha mengamalkan hukum2 yg terkandung didalamnya sesuai tuntunan Nabi shallallahu alaihi wasallam.

Cuma yg jadi permasalahan adalah sebagian kaum muslimin membaca surat Yasin dan mengkhususkan pada waktu-waktu tertentu tanpa ada dalil yg mensyariatkan pengkhususan waktu tsb. Spt Yasinan pada setiap malam Jum'at, atau peringatan hari kematian seseorang pada hari ke-7, ke-40, ke-100 atau selainnya.

Padahal ibadah apapun akan diterima oleh Allah dan diberi pahala jika terpenuhi 2 syarat utama secara bersamaan, yaitu:

1. Niatnya ikhlas krn Allah , dan
2. Pelaksanaannya sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Dan ternyata tidak ada satu dalilpun baik dari Al-Qur'an maupun Hadits yg shohih yg menunjukkan bhwa Nabi mengamalkan atau memerintahkan umat Islam agar mengkhususkan bacaan surat Yasin pd hari-hari tsb. Jadi letak kekeliruan bukan pada ibadah membaca surat Yasin, tapi pada pengkhususan waktunya tsb. Maka yg benar adalah membaca surat Yasin kapan saja tanpa mengaitkannya dengan waktu dan sebab tertentu seperti kematian atau kepergian seseorang utk menunaikan ibadah haji atau sebab lainnya.
Wallahu a'lam bish-showab.