SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Tanya Jawab ttg Tetangga, Rukuk, Haid, Masa Iddah, Poligami, Riba, Sholat Istikaroh, Cadar dan Membaca 100 Ayat Setiap Malam (Oleh Ustadz Najmi Umar Bakar)


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
4 years ago

KUMPULAN PERTANYAAN DIJAWAB OLEH USTADZ NAJMI UMAR BAKKAR

๐Ÿ€ 1. Jika tetangga kita non muslim meninggal apa yg sebaiknya kita lakukan?... sbg tetangga, apa jg yg saya hrs ucapkan ke klrg mereka?

Jawab :

Jika ada teman, saudara atau tetangga yang kafir mati lalu kita bertakziyah kepada mereka karena memuliakan dan menghormati mereka maka haram hukumnya.

Tetapi jika ada maslahat, misalnya untuk mendakwahi mereka karena diharapkan masuk Islam atau kejahatannya tidak dapat dihindari kecuali dengan bertakziyah kepada mereka maka boleh. Dan ketika itu tidak memohonkan ampunan untuk mereka.

Allah Ta'ala berfirman :

ู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ูˆูŽุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุณู’ุชูŽุบู’ููุฑููˆุง ู„ูู„ู’ู…ูุดู’ุฑููƒููŠู†ูŽ ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ูƒูŽุงู†ููˆุง ุฃููˆู„ููŠ ู‚ูุฑู’ุจูŽู‰ูฐ ู…ูู†ู’ ุจูŽุนู’ุฏู ู…ูŽุง ุชูŽุจูŽูŠูŽู‘ู†ูŽ ู„ูŽู‡ูู…ู’ ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ูู…ู’ ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจู ุงู„ู’ุฌูŽุญููŠู…ู

"Tiadalah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu adalah kaum kerabat(nya), sesudah jelas bagi mereka, bahwasanya orang-orang musyrik itu adalah penghuni neraka jahanam" (QS. At-Taubah : 113)

Dan jika kafirnya harbi (memusuhi Islam) maka haram mutlak untuk bertakziyah kepada mereka.

๐Ÿ€ 2. Bolehkah kita baca bacaan yg berlainan utk rukuk 1 dan rukuk rakaat ke 2 dalam satu sholat, begitu juga dgn bacaan sujud dan i'tidal?

Jawab :

Boleh.

๐Ÿ€ 3. Dulu saya pernah dengar. Jika seorang wanita haid pada saat mendekati adzan maghrib, maka puasa dia dihitung sudah 1 hari. Apa benar demikian?

Jawab :

Jika haidnya setelah maghrib maka terhitung puasanya 1 hari, tetapi jika datangnya haid sebelum maghrib maka tidak terhitung puasanya 1 hari, tapi insya Allah tetap berpahala.

๐Ÿ€ 4. Apabila ada seseorang meninggal dunia jam 2 siang, namun belum sempat shalat zhuhur, apakah ahli warisnya wajib membayar shalat si mayit tsb?

Jawab :

Tidak

๐Ÿ€ 5. Apa saja amalanย  atau larangan bagi wanita selama masa iddah?

Jawab :

(1). ia memasuki masa iddah 4 bulan 10 hari (QS.2:234) dan bagi yang sedang hamil iddahnya sampai melahirkan (QS.65:4)

(2). ia menetap di rumah, tidak ditempat orang tua atau lainnya, kecuali jika ada keperluan atau kebutuhan seperti ke rumah sakit, ke pasar membeli makanan dll yang mana tidak ada seorang pun yang bisa membantunya untuk mengerjakan hal itu atau boleh keluar rumah jika ia takut atas keselamatan dirinya atau khawatir rumahnya runtuh, dll.

(3). tidak boleh safar seperti haji, dll.

(4). tidak mengenakan pakaian-pakaian yang indah atau dengan warna-warna yang mencolok.

(5). tidak memakai celak atau pacar (cat kuku) atau sesuatu untuk mempercantik wajah dan tubuh.

(6). tidak boleh memakai wangi-wangian atau parfum.

(7). tidak memakai segala macam perhiasan di kalung, gelang, cincin dll.

(8). tidak dilamar secara terang-terangan, kecuali sekedar sindiran saja (QS.2:235)

*Apa saja anggapan yang salah selama masa iddah ?*

(1). seorang istri itu tidak boleh berbicara dengan laki-laki yang bukan mahram secara langsung atau via telpon meskipun ia ada kebutuhan.

(2). pakaiannya harus dengan warna hitam.

(3). mandi hanya seminggu sekali.

(4). tidak boleh jalan di rumah tanpa menggunakan alas kaki.

(5). tidak boleh berjalan di bawah cahaya rembulan.

(6). tidak boleh menuntut ilmu ke masjid, kampus dll.

(7). harus keluar dari 1 pintu dan masuk dari pintu yang lain ketika masa iddah selesai.

๐Ÿ€ 6. Seorang suami ingin berpoligami, fulanah mengatakan akan menerima bahkan akan membantu mencarikan calon istri untuk suaminya dengan syarat :

1. SHOLAT 5 WAKTU DI MASJID KARENA ALLAH

2. RUTINKAN IBADAH2 SUNNAH (SHOLAT TAHAJUD, PUASA2 SUNNAH, SHOLAT RAWATIB DLL ) KARENA ALLAH

3. CARI ILMU + IKUT KAJIAN2 RUTIN KARENA ALLAH

4. HIDUP NORMAL, PERHATIAN SAMA KELUARGA

5. SUDAH MERASA MAMPU ( mampu adil, mampu materil , mampu fisik , mampu mendidik, mampu menangani konflik )

*ITTAQILLAH*

Apakah diperbolehkan mensyaratkan yang demikian?

Jawab :

Yang ada dalil dan contohnya adalah seorang wanita diperbolehkan memberikan syarat kepada calon suami sebelum menikah, dan bukannya syarat untuk suami jika ia ingin menikah kembali.

Tetapi jika suami itu merasa sanggup dan berjanji untuk melakukannya maka silahkan saja.

Menikah adalah ibadah dan ketika ingin berpoligami yang bernilai pahala dan tidak mendapatkan dosa, maka hendaknya diperhatikan beberapa hal berikut bagi para suami, yaitu :

(1). Ia harus kuat ilmunya, yaitu ilmu tentang masalah rumah tangga agar bisa adil terhadap istri-istrinya, tahu tentang hak dan kewajiban suami istri dll.

(2). Ia harus kuat finansialnya, yaitu bisa mencukupi kebutuhan-kebutuhan istri dan anaknya.

(3). Ia harus kuat fisiknya, yaitu mempergilir para istri dalam kebutuhan biologis dll dan juga waktu untuk anak-anaknya.

(4). Ia harus kuat mentalnya, yaitu jangan sampai setelah menikah lagi kemudian tidak kuat untuk menghadapi masalah-masalah rumah tangga yang akan terjadi dalam berpoligami.

(5). Ia harus punya waktu yang banyak untuk membagi waktu di antara para istri, anak-anaknya serta berbagai aktivisnya yang sangat padat.

๐Ÿ€ 7. Jika akan menyalurkan bunga bank apakah harus diberi keterangan terpisah dgn yg lain atau bagaimana.mengingat tujuan penyalurannya akan berbeda?

Jawab :

Ya, karena uang riba tidak diberikan untuk masjid.

๐Ÿ€ 8. Ada seseorang akhwat yg ingin berta'aruf dngn seorang ikhwan. Bagaimana untk lebih meyakinkan hati apakah harus shalat istikharah terlebih dahulu dan adakah doa khusus setelah shalat istikharah?

Jawab :

Shalat istikharah itu dilakukan setelah memilih dari beberapa pilihan, lalu pilihan itu kita serahkan kepada Allah dengan bertawakkal kepada-Nya.

Bukan shalat dulu baru memilih, tetapi memilih dulu baru kemudian shalat istikharah.

Setelah shalat dan doa maka kita melakukan apa yang menjadi pilihan dan tekad kita sebelumnya. Jika urusannya baik dan diridhai Allah, maka Allah akan mempermudah jalannya dan jika ada halangan, berarti itu isyarat bahwa Allah tidak menginginkan hal itu terjadi pada diri kita.

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu โ€™anhu, ia berkata :

"Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam mengajari para sahabatnya untuk shalat istikharah dalam setiap urusan, sebagaimana beliau mengajari surat dari al-Qur'an. Beliau bersabda : "Jika kalian ingin melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat dua rakaat selain shalat fardhu, kemudian hendaklah ia berdoa :

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูู‘ู‰ ุฃูŽุณู’ุชูŽุฎููŠุฑููƒูŽ ุจูุนูู„ู’ู…ููƒ ูˆูŽุฃูŽุณู’ุชูŽู‚ู’ุฏูุฑููƒูŽ ุจูู‚ูุฏู’ุฑูŽุชููƒูŽ ุŒ ูˆูŽุฃูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ู…ูู†ู’ ููŽุถู’ู„ููƒูŽ ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู…ู ุŒ ููŽุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุชูŽู‚ู’ุฏูุฑู ูˆูŽู„ุงูŽ ุฃูŽู‚ู’ุฏูุฑู ูˆูŽุชูŽุนู’ู„ูŽู…ู ูˆูŽู„ุงูŽ ุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ู ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุนูŽู„ุงูŽู‘ู…ู ุงู„ู’ุบููŠููˆุจู ุŒ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ู’ ูƒูู†ู’ุชูŽ ุชูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุฃูŽู†ูŽู‘ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู„ูู‰ ููู‰ ุฏููŠู†ูู‰ ูˆูŽู…ูŽุนูŽุงุดูู‰ ูˆูŽุนูŽุงู‚ูุจูŽุฉู ุฃูŽู…ู’ุฑูู‰ ููŽุงู‚ู’ุฏูุฑู’ู‡ู ู„ูู‰ ูˆูŽูŠูŽุณูู‘ุฑู’ู‡ู ู„ูู‰ ุซูู…ูŽู‘ ุจูŽุงุฑููƒู’ ู„ูู‰ ูููŠู‡ู ุŒ ูˆูŽุฅูู†ู’ ูƒูู†ู’ุชูŽ ุชูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุฃูŽู†ูŽู‘ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑูŽ ุดูŽุฑูŒู‘ ู„ูู‰ ููู‰ ุฏููŠู†ูู‰ ูˆูŽู…ูŽุนูŽุงุดูู‰ ูˆูŽุนูŽุงู‚ูุจูŽุฉู ุฃูŽู…ู’ุฑูู‰ โ€“ ุฃูŽูˆู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ ููู‰ ุนูŽุงุฌูู„ู ุฃูŽู…ู’ุฑูู‰ ูˆูŽุขุฌูู„ูู‡ู โ€“ ููŽุงุตู’ุฑููู’ู‡ู ุนูŽู†ูู‘ู‰ ูˆูŽุงุตู’ุฑููู’ู†ูู‰ ุนูŽู†ู’ู‡ู ุŒ ูˆูŽุงู‚ู’ุฏูุฑู’ ู„ูู‰ ุงู„ู’ุฎูŽูŠู’ุฑูŽ ุญูŽูŠู’ุซู ูƒูŽุงู†ูŽ ุซูู…ูŽู‘ ุฃูŽุฑู’ุถูู†ูู‰

"Ya Allah, sesungguhnya aku beristikharah pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu dan aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu dan Engkaulah yang Maha Mengetahui perkara yang ghaib...

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku, maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku...

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku, maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya. Kemudian dia menyebut keinginannya". (HR. Bukhari no.7390)

๐Ÿ€ 9. Membaca al-Qur'an pd malam hari jika membaca 100 ayat ada fadhilah tersendiri. Apakah 100 ayat itu termasuk juga bacaan di dalam sholat malam kita ustad?

Jawab :

Boleh di dalam atau di luar sholat.

๐Ÿ€ 10. Ana sudah 41 tahun, ingin memakai cadar, apakah masih perlu?ย  Mengingat umur ana yg tidak lagi muda, dan selama ini ana tidak memakainya, bagaimana menurut syariat? Ana jg bekerja, dan di tempat kerja tidak diperbolehkan, apakah boleh ana memakai selain waktu bekerja, sedangkan saat bekerja, ana melepasnya. Syukron jawabannya, jazakumullahu khoiron

Jawab :

Cadar hukumnya sunnah dan jika dipakai maka lebih baik, meskipun usia 41 tahun, karena masih terhitung muda, memiliki daya pikat dan masih dapat menimbulkan fitnah.

Diperbolehkan memakainya ketika tidak bekerja, lalu di saat bekerja di lepas. Tetapi jika bisa terus digunakan dalam segala waktu, maka itulah yang terbaik.

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com