SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Soal Dzikir Setelah Sholat Sunnah (Oleh Ustadz Badru Salam, Lc)


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
4 years ago

IMG-20160727-WA0003.jpg

SOAL DZIKIR SETELAH SHOLAT SUNNAH

Pertanyaan:

Assalamu’alaykum warohmatullahi wabarokatuh, baarakallahu fiikum Ustadz. Màaf mengganggu waktu antum lagi Ustadz, ada yang ingin ana tanyakan berkaitan dengan dzikir setelah sholat sunnah. Ana mendengar bahwa Setelah shalat sunah kita bisa membaca, astaghfirullah 3x, Allahumma antas salam wa minkas salam tabaarakta ya dzal jalal wal ikram… berdasarkan keumuman hadis dari Tsauban radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap selesai shalat, beliau membaca istighfar 3 kali, kemudian membaca,

“Allahumma antas salam wa minkas salam tabaarakta ya dzal jalal wal ikram.” (HR. Muslim 591, Nasai 1337, dan yang lainnya).

Alasannya adalah bahwaTsauban tidak mengatakan ‘setelah shalat wajib’. Ini menunjukkan bahwa dzikir itu dibaca di setiap usai shalat. Baik sunah maupun wajib.

Adapun dzikir laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ’ala kulli syai-in qadir. Laa haula wa laa quwwata illa billaah. laa ilaaha illallah wa laa na’budu illaa iyyaah.. dst, dzikir ini sesuai aturannya, hanya dibaca setelah shalat wajib.

Pertanyaan: apakah benar dzikir tersebut, yaitu :

Astaghfirullah 3x

Allahumma antas-salaamWa minkas-salaamTabaarokta ya Dzal Jalaali Wal Ikrom

bisa diamalkan setelah sholat sunnah ? … jika iya, apakah juga diamalkan setelah sholat DHUHA dan WITIR ? Sedangkan yang ana pelajari dari antum bahwa bacaan setelah witir adalah Subhaana Malikil QUDDUUS 3x… dan bacaan setelah DHUHA adalah “Robbighfirlii watub ‘alayya… dst” 100x… mohon petunjuknya Ustadz? Baarakallahu fiikum

Jawab:

Yang rojih ucapan istighfar itu hanya setelah sholat fardlu.

Adapun hadits tersebut walaupun lafadznya umum tapi maknanya khusus karena adanya dalil dalil yang mengkhususkan seperti hadits ibnu Abbas: Adalah mengangkat suara dengan dzikir setelah sholat wajib itu ada di zaman Nabi shallallahu alaihi wasallam, diriwayatkan oleh Muslim.

Bukankah ucapan subahanallah, alhamdulillah, Allahu Akbar 33x juga lafadznya umum? Nabi bersabda:

تسبحون وتكبرون وتحمدون دبر كل صلاة ثلاثا وثلاثين

Kamu bertasbih, bertakbir, bertahmid di belakang SETIAP SHOLAT 33x (HR Bukhari dan Muslim)

Tapi tidak ada ulama sejauh pengetahuan saya yang memahami hadits tsb untuk sholat sunnah.

Wallahu a’lam

(Ustadz Badru Salam, Lc)

---

Tambahan info dari Ustadz Badru Salam, Lc:“…Jumhur (Ulama, pen) menyelisihi pendapat beliau (Syaikh bin Baz rohimahullahu ta’ala dalam masalah ini, pen)…”

__________________________

Ustadz Badru Salam, Lc

Al-Fawaid, Ahad 19 Syawal 1437 / 24 Juli 2016

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com