SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hikmah Berpuasa (Oleh Ustadz Kholid Syamhudi, Lc)


Aktualita
Aktualita
3 years ago

13402329_714953595274319_1096367467_n.jpg

Oleh : Ustadz Kholid Syamhudi, Lc 


Hikmah Berpuasa


Sesungguhnya diantara buah dan hikmah berpuasa adalah mendorong seorang hamba untuk bertaqwa kepada Alloh dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangannya. 

Oleh karena itulah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :


مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّوْرِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِي أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ.


“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan amalan dusta maka Allah tidak membutuhkan keberadaan orang itu meninggalkan makan dan minumnya.” [1]


Yang dimaksud perkataan dusta adalah setiap perkataan yang haram, adapun amalan dusta maksudnya adalah setiap perbuatan yang haram.


Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda :


الصِّيَامُ جُنَّةٌ، فَإِذَا كَانَ يَوُمُ صَوِمٍ أَحَدِكُمْ فَلاَ يَرْفُثْ وَلاَ يَصْخَبْ، فَإِنْ سَابَّهُ أَحَدٌ أَوْ قَاتَلَهُ فَلْيَقُلْ : إِنِّي صَائِمٌ، إِنِّي صَائِمٌ.


“Puasa itu adalah perisai, maka jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa maka janganlah berkata kotor dan jangan berteriak-teriak, jika ada orang yang mencercanya atau mengajaknya berkelahi, maka hendaklah ia mengucapkan, “Saya sedang berpauasa, saya sedang berpuasa.” [2]


Demikian pula puasa memiliki faidah yang sangat banyak, baik secara diniyah, jasmaniyah, sosial, akhlaq, dan kejiwaan. Sesungguhnya faidah sesuatu bisa diketahui dengan kedudukannya dan besarnya perhatian terhadapnya. Dan keberadaan puasa itu diwajibkan kepada seluruh umat merupakan dalil terbesar yang menunjukkan keutamaan dan faidahnya.


(Sumber : Majmu’ Fatawa wa Rasail Fadhilatu Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsimin, Dar Tsurayya Lin Nasyr, Cetakan Kedua, Tahun 1426 H, Jilid 19 Hlm. 27)


[1] HR. Bukhari no. 1903.


[2] HR. Bukhari no. 1904.


___________________

Artikel Klikuk.com

Ramadhan 1437 / Juni 2016

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com