SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hukum Cadar


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
4 years ago

KESIMPULAN (Hukum Cadar)

1. Wanita menutup wajahnya bukanlah sesuatu yang aneh di zaman kenabian. Karena hal itu dilakukan 👉oleh ummahatul mukminin (para istri Rasulullah) dan sebagian sahabiyyat (para wanita sahabat)👈. Sehingga merupakan sesuatu yang disyari’atkan dan keutamaan.

2. Membuka wajah juga dilakukan oleh sebagian sahabiyyat. Bahkan hingga akhir masa kehidupan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan berlanjut pada perbuatan wanita-wanita pada zaman setelahnya.

3. Seorang muslim tidak boleh merendahkan wanita yang menutup wajahnya dan tidak boleh menganggapnya berlebihan.

4. 👉Dalil-dalil yang disebutkan para ulama yang mewajibkan cadar begitu kuat; menunjukkan kewajiban wanita untuk berhijab (menutupi diri dari laki-laki) dan berjilbab serta menutupi perhiasannya secara umum.
👉Dalil-dalil yang disebutkan para ulama yang tidak mewajibkan cadar begitu kuat; menunjukkan bahwa wajah dan telapak tangan wanita bukan aurat yang harus ditutup.

Inilah jawaban kami tentang masalah cadar bagi wanita. Mudah-mudahan kaum muslimin dapat saling memahami permasalahan ini dengan sebaik-baiknya. Wallahu a’lam bishshawwab.

[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 06/Tahun VI/1423H/2002. Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo – Purwodadi Km.8 Selokaton Gondanrejo Solo 57183 Telp. 0271-761016]

Sumber: Almanhaj.or.id

✔Hukum Cadar (Dalil Yang Tidak Mewajibkan)

https://almanhaj.or.id/1855-hukum-cadar-dalil-yang-tidak-mewajibkan.html
(Copy & Paste link di browser Anda)

✔Hukum Cadar (Dalil Yang Mewajibkan)

https://almanhaj.or.id/1853-hukum-cadar-dalil-yang-mewajibkan.html
(Copy & Paste link di browser Anda)

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com