SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Soal Jawab Seputar Aqidah (no.42) [Ustadz Fuad Hamzah Baraba', Lc]


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
4 years ago

Soal Jawab Seputar Aqidah (no.42)
(Lanjutan) 

@fuadhbaraba

42. Soal: Apabila seseorang telah mengetahui bahwa Allah Ta'ala memerintahkan tauhid dan melarang perbuatan syirik, bagaimana menerapkan tujuh tahapan itu (pada jawaban no. 41) ?

Jawab: 

1. Kebanyakan orang mengetahui bahwa tauhid itu adalah benar dan syirik adalah batil, namun mereka berpaling dari hal itu dan tidak mau mempelajarinya. 
Mereka mengetahui bahwa Allah Ta'ala mengharamkan riba namun dia menjual dan membeli tanpa mencari tahu hukumnya. 
Dan mereka mengetahui bahwa memakan harta anak yatim itu haram dan diperbolehkan memakannya apabila dengan cara yang halal, namun dia mengurusi harta anak yatim tanpa menanyakan ilmunya. 

2. Mencintai apa yang telah diturunkan oleh Allah Ta'ala dan mengingkari orang yang membencinya. Kebanyakan orang tidak mencintai rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bahkan membencinya dan membenci apa yang beliau bawa, walaupun dia mengetahui bahwa Allah Ta'ala lah yang telah menurunkannya.

3. Bertekad untuk mengerjakannya. Banyak orang telah mengetahui dan mencintainya, namun tidak bertekad (mengamalkanya) karena takut akan terjadi perubahan pada urusan dunianya. 

4. Mengamalkannya. Banyak orang yang bertekad untuk mengamalkannya atau mengerjakannya, namun dia mengetahui bahwa para pemuka agama dan yang semisal mereka tidak mengamalkannya, maka diapun meninggalkan amalan itu.

5. Bahwa banyak orang yang mengamalkannya namun mereka tidak ikhlas, jika mereka ikhlas, belum tentu amalannya benar (sesuai contoh nabi shallallahu 'alaihi wa sallam).

6. Bahwa orang-orang shaleh takut jika amalan mereka terhapus, berdasarkan firman Allah Ta'ala:

أَنْ تَحْبَطَ أَعْمَالُكُمْ وَأَنْتُمْ لَا تَشْعُرُونَ

"Supaya tidak hapus (pahala) amalanmu, sedangkan kamu tidak menyadari". (QS. Al-Hujuraat: 2).

Hal seperti ini termasuk sesuatu yang langka pada zaman kita sekarang ini.

7. Istiqomah di atas jalan kebenaran dan takut dari su'ul khatimah. Ini juga yang sangat ditakuti oleh orang-orang shaleh.

Bersambung insya Allah...

___
Dipost Ustadz Fuad Hamzah Baraba', Lc -hafizhahullah- tgl 22 Rajab 1437 / 29 April 2016

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com