SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Cara Wudhu Wanita yang Memiliki Rambut Panjang (Dijawab Oleh Syaikh Utsaimin Rahimahullah)


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
5 years ago

Membasuh Kepala Bagi Wanita yang Rambutnya Terikat
Bagi akhwat yang berambut panjang biasanya mengikat (mengepang) rambutnya dan ketika akan berwudhu ada sebagaian diantara muslimah yang membuka ikatannya padahal tidaklah mengapa membasuh (mengusap) kepala bagi rambutnya yang terikat hal ini berdasarkan Fatwa ulama kita yang mengatakan bahwa membasujh kepala dengan rambut yang terikat tidak mengapa dan dibolehkan, namun hendaknya dia tidak mengikatnya keatas (berbentuk konde) karena mereka (para ulama) khawatir bila hal ini termasuk dalam sabda Rasulllah :

”Dan, wanita-wanita yang berpakaian tetapi telanjang, kepala-kepala mereka seperti punuk unta yang berlenggok-lenggok, mereka tidak masuk surga dan mereka tidak mendapatkan baunya sementara baunya dapat tercium dari jarak begini dan begini”(HR. Muslim)

[Sumber: Jilbab.or.id]

#Selanjutnya sbb:

Seorang wanita yang memiliki rambut panjang, sampai mana dia mengusap rambut kepalanya?

Untuk menjawab soal ini, kami nukilkan secara lengkap fatwa asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah ketika beliau ditanya tentang masalah ini. Beliau berkata,

“Wajib diketahui bahwa hukum syariat berlaku sama antara kaum pria dan kaum wanita, begitu pula kaum wanita dan kaum pria, kecuali pada hal-hal yang memang dibedakan antara keduanya oleh dalil. Berdasarkan hal ini, dalam masalah mengusap kepala, disyariatkan bagi wanita apa yang disyariatkan bagi pria, yaitu meletakkan tangannya di bagian depan kepalanya, mengusap sampai ke tengkuk, kemudian mengembalikan tangannya ke depan sampai ke tempat awal mengusap, persis sama dengan yang dilakukan pria. Tidak wajib baginya mengusap sampai ujung bawah rambutnya. Bahkan, yang diusap sebatas tempat tumbuhnya rambut. Demikian pula jika seorang pria memiliki rambut panjang sebahu, tidak wajib baginya mengusap sampai ke ujung rambut. Cukup baginya mengusap sampai bagian tempat tumbuhnya rambut.”

[Al-Liqa’ asy-Syahri 1/17]
Sumber: Qonitah.com

Chika S. Zahra
Chika S. Zahra
5 years ago

Jadi ustadz kalo mengusap hanya sampai atas kepala tidak boleh? Apa wudhu nya tidak sah?
Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com