SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bagaimana Cara Beribadah Sholat dan Puasa Ramadhan Di Negara Yang Malamnya Pendek? (Fatwa Ulama)


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
5 years ago


⭐🌙⭐🌙⭐
BAGAIMANA CARA BERIBADAH SHOLAT DAN SHAUM RAMADHAN DI NEGARA YANG MALAMNYA SANGAT PENDEK ?

❓Tanya:
Ana kadang safar ke beberapa negara Eropa karena pekerjaan (pelaut). Waktu di negara eropa sangat ekstrim dengan daerah katulistiwa (Indonesia). Pada musim panas, misal di Norwegia, matahari baru terbenam jam 2 malam dan jam 4 pagi matahari dah terbit lagi. Bagaimanakah cara ana menjalankan sholat wajib seperti magrib,’ isya & shubuh dan bagaimanakah cara menunaikan ibadah syiam ramadhan yang sesuai dengan syariat ?

✔Jawab:
Di negara di mana siang dan malam terjadi dalam 1 hari 24 jam, wajib untuk sholat di waktu2 yang telah disyariatkan, terlepas panjang atau pendeknya malam.

Namun bila tidak ada siang atau malam dalam 1 hari 24 jam, wajib untuk mengikuti waktu shalat yang ditentukan di daerah terdekat di mana ada siang dan malam dalam 1 hari 24 jam.

Di negara di mana waktu senja tumpang tindih dengan fajar, atau senja terbenam tapi tidak cukup waktu untuk sholat ‘Isya’, wajib untuk mengikuti waktu yang ditentukan di daerah terdekat di mana ada cukup waktu untuk melakukan sholat ‘isya.

👉 Syaikh al-Utsaimin rahimahullah mengatakan:
“Jika terbenamnya senja cukup lama sebelum waktu fajar dan mereka dapat jalankan sholat ‘Isya’, maka mereka harus menunggu sampai senja menghilang (sebelum sholat ‘Isya). Sebaliknya jika terlalu sulit untuk menunggu, maka diizinkan bagi mereka untuk men-jamak ‘Isya’ bersama dengan Maghrib pada waktu maghrib, untuk menghindari kesulitan.”

Berkenaan dengan Ramadhan, mereka yang mampu harus menahan diri dari makanan, minuman dan segala sesuatu yang membatalkan puasa di setiap hari Ramadhan, dari waktu fajar sampai matahari terbenam di negara mereka, selama malam bisa dibedakan dari siang dalam 1 hari 24 jam. Diperbolehkan bagi mereka untuk makan, minum, berhubungan seksual, dll pada malam hari saja, meskipun pendek malamnya. Syariat Islam bersifat universal dan berlaku untuk semua orang di semua negara.

Rujukan:
http://islamqa.info/en/135415
http://islamqa.info/en/1730

– – – – – •(*)•- – – – –

Sumber: bbg-alilmu.com
Pic copas Ukhti Ayumi

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com